Kivlan Zein Puji JK dan Prabowo

Foto : Sayangi.com Emil

Jakarta, Sayangi.com – Mantan Kepala Staf Komando Strategi Angkatan Darat (KOSTRAD) TNI Mayjen (Purn) Kivlan Zein menyatakan Presiden Indonesia tidak penting apakah itu militer, pengusaha atau sipil. Menurut dia, yang terutama adalah mengerti bagaimana membangun perekonomian.

“Terbukti, Presiden sekarang walaupun militer tapi tidak ada giginya. Sudah copot semua. Seharusnya militer itu bagus dalam senin mengambil keputusan di saat genting. Tapi kok pemimpin yang sekarang banyak pertimbangannya,” ujar Kivlan dalam diskusi publik yang digelar Persaudaraan Pekerja Muslim Indonesia (PPMI 98) bertajuk “Menggagas Pemimpin Baru Indonesia untuk Buruh” di Jakarta, Kamis (1/8/2013).

Ditambahkan Kivlan, elit yang ahli ekonomi sebenarnya banyak, namun menurut dia, mereka hanya memikirkan kantongnya sendiri dan pemodal. “Sementara para pekerja yang turut membangun negri ini, tidak terlalu diperhatikan kesejahteraannya,” cetusnya.

Terkait pilihan pemimpin jagoannya, Kivlan mengaku kagum terhadap sosok mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK). “JK cepat dalam mengambil keputusan. Beliau juga paham ekonomi. Sementara dari militer, Prabowo Subianto juga cepat ambil kebijakan dan tegas. Daripada Wiranto, masih bagus Prabowo,” seloroh Kivlan yang juga pernah menjadi aktivis HMI Medan.

Calon legislatif (caleg) DPR RI dari PPP ini menyerahkan siapa saja pilihan capres terbaik menurut buruh. “Silahkan pilih JK, Dahlan Iskan, Mahfud MD, Anies Baswedan. Tapi setau saya belum ada pemimpin yang cepat mengambil keputusan. Kecuali JK dari sipil,” tambahnya.

Nah, untuk soal popularitas, masih menurut Kivlan, ada Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo yang santer digadang-gadang menjadi capres di Pilpres 2014. (MARD)