AS Serukan Pembatasan Hak Edar Apple Dicabut

Foto: The Guardian

Washington, Sayangi.com – Pemerintahan Obama telah memerintahkan bahwa larangan yang diusulkan pada penjualan dan impor produk Apple tertentu akan segera dibatalkan. Perintah itu merupakan intervensi pemerintah dalam pertempuran hak paten yang sengit antara pembuat iPhone dan saingannya Samsung.

Dalam sebuah surat yang diluncurkan kepada Komisi Perdagangan Internasional AS (ITC), perwakilan perdagangan AS Michael Froman mengatakan ia telah memutuskan untuk menolak keputusan sebelumnya – yang akan melarang iPads dan iPhone (yang sudah lebih dulu muncul) karena pelanggaran paten. Dengan demikian, Apple akan bebas untuk terus menjual barang-barang produksinya.

Surat tersebut menyatakan bahwa keputusan itu dibuat setelah konsultasi yang luas dan didasarkan pada review pertimbangan kebijakan Froman terkait dengan efek pada kondisi persaingan dalam perekonomian AS dan pengaruhnya bagi konsumen AS.

Langkah ini menjungkirbalikkan keputusan bulan Juni oleh ITC yang ditemukan mendukung Samsung. Badan perdagangan menyimpulkan bahwa produk Apple tertentu – termasuk iPhone yang lebih tua dan model iPad telah melanggar hak paten Samsung yang berkaitan dengan kemampuan perangkat itu untuk mengirimkan layanan secara simultan melalui teknologi nirkabel 3G. Apel mengeluh bahwa larangan perdagangan yang diberlakukan oleh ITC itu tidak pantas.

Meskipun ditemukan melakukan perlawanan, pemerintahan Obama mengisyaratkan bahwa Samsung bisa mencari ganti rugi lainnya. Froman menulis: “Keputusan saya untuk menolak ketentuan ini tidak berarti bahwa pemilik paten dalam hal ini tidak berhak memperjuangkan haknya. Sebaliknya, pemilik paten dapat terus mengejar haknya melalui pengadilan.”

Kedua pembuat smartphone ini telah mengajukan serangkaian keluhan hukum mengenai dugaan pelanggaran paten dalam beberapa tahun terakhir. Tahun lalu, Apple memberikan lebih dari $ 1 miliar sebagai ganti rugi kerusakan setelah Samsung memutuskan untuk memiliki fitur penting dari produk mobile. (FIT/guardian)