Sate Kalong, Kuliner Malam Cirebon

Foto: Indohoy.com

Cirebon, Sayangi.com – Sate Kalong kuliner ekstream? Bukan, sate kalong yang ini dijamin halal dan tidak menakutkan. Bahan dasarnya adalah daging kerbau yang dibumbui bumbu dasar sederhana, bawang putih dan ketumbar. Aromanya harum dan tentu saja rasanya manis dan gurih karena sebelum dibakar, satenya juga dilumuri kecap.

Jika berbahan dasar daging kerbau mengapa disebut sate kalong? Tak sulit mencari asal muasal penganan khas Cirebon satu ini. Karena penjualnya yang legendaris di seputaran toko manisan Shinta Cirebon hanya mangkal saat malam hari. Karena itu sate ini disebut sate kalong yang berarti hanya bisa ditemui saat malam hari seperti kelelawar yang hanya muncul dan beredar setiap malam.

Daging satainya kecil dibalut bumbu kehitaman disanding dengan satai potongan gajih dan urat dan saus kacang plus kecap. Rasanya manis gurih dengan tekstur kenyal dan kinyil-kinyil enak. Tak terlacak jejak tekstur liat daging kerbau tetapi justru rasa gurih manis yang kuat bercokol di lidah. Nyam… nyam!

 

Penjual sate kalong ini mulai membuka lapaknya pada mulai jam 18.00 wib. Kalau mencarinya, pastikan anda tidak keliru. Karena sebagian penjual sate kalong yang kini mulai menjamur, mengganti daging kerbau dengan daging sapi sehingga rasa otentiknya justru hilang. (FIT)