Ini Jadwal Operasi Bus TransJakarta Saat Lebaran

Foto: Sayangi.com/Emil Ondo

Jakarta, Sayangi.com – Dinas Perhubungan DKI Jakarta akan menyesuaikan pengoperasian bus TransJakarta selama malam takbiran dan Hari Raya Idul Fitri 1434 H. Bus TransJakarta itu akan beroperasi menyesuaikan kondisi lalu lintas dan kebutuhan masyarakat.

“H-1 Lebaran dan selama Lebaran akan tetap kita operasikan. Untuk jam operasionalnya ada sedikit perubahan ya. Tapi rencananya khusus pada malam takbiran sekitar pukul 19.00 WIB sudah kita hentikan operasional,” kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Udar Pristono, saat dihubungi Sayangi.com, Senin (5/8).

Menurut Pristono, jam operasional sengaja tidak sebagaimana biasanya yaitu hingga pukul 23.00 WIB dikarena banyaknya kendaraan di jalan raya pada malam takbiran sehingga pelayanan bus Transjakarta tidak akan efektif.

Berkaca pada pengalaman lebaran tahun-tahun sebelumnya, pada malam takbiran itu akan banyak kendaraan yang akan memadati jalan-jalan tertentu di Ibukota. Otomatis banyak jalan yang akan mengalami gangguan selama takbiran, terutama pada kawasan Monas, Bundaran HI, Balai Kota, Tugu Tani, Matraman, Kramatjati, dan sebagainya, ujar Pristiono.

Sedangkan pada hari pertama Idul Fitri, lanjut Pristono, bus Transjakarta akan mulai dioperasikan lebih siang dari biasanya, yaitu setelah umat Muslim menjalankan shalat ied pada pukul 09.00 WIB. Sedangkan pada hari kedua dan seterusnya, selama hari Lebaran akan kembali beroperasi seperti semula, yakni pukul 05.00 WIB hingga 23.00 WIB. (HST)