95 Persen Petugas Kebersihan Jakarta Tetap Bertugas Saat Lebaran

Foto: Antara

Jakarta, Sayangi.com – Dinas Kebersihan (Dinsih) DKI Jakarta akan menyebarkan 3.158 orang petugas kebersihan selama malam takbiran Idul Fitri dan 3.147 orang petugas kebersihan pada usai salat Idul Fitri 1434 H di beberapa kawasan Ibukota Jakarta. Hal itu dilakukan untuk tetap menjaga kebersihan pada saat lebaran berlangsung di DKI Jakarta.

Demikian disampaikan oleh Kepala Dinas Kebersihan DKI Jakarta, Unu Nurdin, mengatakan bahwa sebagian besar petugas kebersihan tetap bertugas selama libur Lebaran.

“Hanya sekitar 5 persen saja petugas yang diperbolehkan mengambil cuti. Sisanya tetap kita siagakan. Sebanyak 3.158 petugas akan disebar pada malam takbiran dan 3.147 petugas lainnya akan disebar pada hari pertama Idul Fitri,” kata Kepala Dinas Kebersihan DKI Jakarta, Unu Nurdin, saat dimintai keterangan Sayangi.com, Senin (5/8).

Menurut Unu, meski lebih dari separuh penduduk Jakarta sudah meninggalkan Ibukota, tapi menjaga kemungkinan sampah-sampah tetap banyak bertebaran sepanjang jalan Ibukota pada malam takbiran dan pada hari lebaran pertama.

“Karenanya, kita lakukan antisipasi agar Ibukota tetap bersih meski sudah banyak ditinggal penduduknya. Yang namanya hari lebaran, Ibukota tetap rame. Nah, sampah utamanya banyak di malam takbiran dan setelah Salat Ied,  meski volumenya tidak terlalu banyak,” tutur Unu.

Para petugas kebersihan itu, lanjut Uno, akan disebarkan di tempat-tempat keramaian, seperti kawasan Bundaran HI, Monas, Ancol, kawasan kota tua (Museum Fatahillah), dan lain sebagainya, beserta 337 unit armada pengangkut sampah. Yakni terdiri dari truk, mobil penyapu jalan, mobil toilet, gerobak motor dan gerobak dorong.

“Sedangkan pada hari pertama salat Id petugas akan disebar di 726 lokasi tempat ibadah di seluruh DKI Jakarta. Karena pada waktu salat Id, dimungkinkan orang banyak menggunakan koran sebagai alas salat. Tapi kalau pas hujan, pekerjaan kita akan jadi lebih berat, apalagi kalau banyak sampah petasan, itu sulit sekali dibersihkan. Semoga saja tidak turun hujan,” pungkas Unu. (HST)