Presiden Apresiasi Meningkatnya Kesadaran Membayar Zakat

Foto: Antara

Jakarta, Sayangi.com – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyambut baik dan menyatakan apresiasi atas meningkatnya kesadaran umat untuk membayar zakat . Ia mengatakan pemerintah dan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) sepakat untuk terus mengembangkan potensi zakat dari umat, sehingga dapat dimanfaatkan untuk kemajuan umat.

“Hari ini saya dengan didampingi Wapres dan para menteri dan pejabat terkait melaksanakan pertemuan dengan pimpinan Baznas, kami diskusikan berbagai upaya untuk tingkatkan kinerja Baznas dengan meningkatkan besaran zakat yang ditunaikan saudara kita yang miliki kewajiban untuk itu,” kata Presiden dalam keterangan pers usai mengunjungi Kantor Pusat Badan Amil Zakat Nasional di Jakarta, Senin.

Kepala Negara mengatakan potensi pembayaran zakat setiap tahunnya terus meningkat, seiring dengan peningkatan kesadaran umat membayar zakat yang merupakan kewajibannya, disamping infak dan shadaqah.

“Sebagaimana diketahui saat Pak Didin berkunjung bahwa kinerja Baznas dari waktu ke waktu semakin baik, dalam menunaikan kewajibannya sebagai contoh Baznas terima pada 2011 Rp1,7 triliun dan pada 2012 Rp2,3 triliun naik Rp500 miliar,” tutur Presiden.

Ia menambahkan, “ini awal baik kebangkitan dari umat kita untuk tunaikan kewajiban. Sebagai kepala negara dan pemerintahan saya ajak dan serukan ke semua pihak untuk betul-betul tunaikan kewajibannya.” Untuk meningkatkan kerja sama antara pemerintah dengah Baznas, maka Presiden memerintahkan gubernur, bupati dan wali kota untuk berdialog dengan Baznas di wilayah masing-masing.

“Kami sedang merumuskan paduan antara pajak dan zakat baik, sekaligus mereka yang wajib bayar pajak dan zakat bisa ditunaikan, kemudian dana yang terkumpul digunakan dengan baik dan akuntabilitas tinggi,” ujarnya.

Presiden menambahkan,”dilakukan audit setiap tahun dan dengan rencana bagus maka zakat yang dikumpulkan bisa berguna bagi semua pihak. Para gubernur dan bupati wali kota wajib berkomunikasi dengan baznas daerah, sehingga rakyat yang dibantu tepat sasaran dan tidak tumpang tindih.”

Dalam kesempatan itu, Presiden juga menyambut baik usulan Baznas untuk menjadikan tanggal 27 Ramadhan menjadi Hari Zakat Nasional.

Tampak hadir mendampingi Presiden dalam kunjungan tersebut yaitu Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi). Selain Jokowi, SBY juga turut didampingi oleh Wakil Presiden Budiono, sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II, diantaranya Hatta Radjasa, Agung Laksono, Suryadarma Ali dan Djoko Suyanto, Ketua Umum Baznas Didin Hafidhudin dan Ustad Yusuf Mansyur.

Sebelumnya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Stasiun Senen, Jakarta Pusat, pada Senin pagi untuk memantau kelancaran arus mudik menjelang Hari Raya Idul Fitri 1434 Hijriah. (HST/ANT)