Bom Vihara Munculkan Pertanyaan Tentang Antisipasi Pengamanan Polri

Foto: Antara

Jakarta, Sayangi.com – Ledakan bom di Vihara Ekayana membuat banyak orang terhenyak. Apalagi terjadi menjelang Lebaran, hari besar umat Islam. Pertanyaan terhadap Polri pun mengemuka, terkait pengamanan Hari Raya Idul Fitri.

Tanya tanya itu disuarakan oleh Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas), yang meminta Polri lebih meningkatkan pengamanan menjelang Lebaran tahun ini. Kepada Sayangi.com, Komisioner Kompolnas Edi Hasibuan menyayangkan terjadinya ledakan bom di Vihara Ekayana.

Edi tidak mau menyebut ledakan bom skala kecil di Vihara Ekayana itu sebagai bentuk kegagalan polisi untuk memberikan pengamanan dan mengantisipasi kemungkinan gangguan keamanan di tempat ibadah. Namun setidaknya, hal itu bisa memunculkan pertanyaan di tengah-tengah masyarakat, tentang seberapa sigap Polri menjaga situasi kondusif menjelang Lebaran.

“Saya kira untuk menyebut itu sebagai kegagalan Polri, mungkin tidak. Tapi sistem pengamanan Lebaran perlu dievaluasi (setelah ledakan di Vihara Ekayana). Ada yang sebelumnya tidak diprediksi ternyata muncul. Dan ini harus menjadi perhatian Polri agar semakin meningkatkan pengamanan menjelang Lebaran ini,” ungkap Edi, Senin (5/8).

Edi berharap Polri segera membongkar pelaku dan motif ledakan di tempat ibadah umat Buddha tersebut. “Kami minta Polri mengusut tuntas kasus ini agar cepat terungkap siapa (yang berada) di belakangnya,” pungkas edi Hasibuan. (MSR)