H-2 Lebaran, Penumpang Kereta Tujuan Jawa Relatif Stabil

Foto: Sayangi.com/Emil Ondo

Jakarta, Sayangi.com – Jumlah pemudik yang diberangkatkan dari Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, mulai Minggu (4/8) hingga hari ini Selasa (6/8) sore masih relatif stabil. Tidak ada lonjakan atau penurunan penumpang secara drastis, kata Kepala Bidang Humas Daop 1 Stasiun Pasar Senen, Sukendar Mulya.

“Untuk tujuan ke Jawa Tengah, Jogja, dan Jawa Timur selama ini penumpang masih stabil. Tidak ada lonjakan atau puncak arus mudik. Karena penjualan tiket kan sudah kita sesuaikan dengan kapasitas kursi kereta api yang tersedia,” ujarnya saat dimintai keterangan Sayangi.com, Selasa (16/8).

Diinformasikan, mulai Minggu (4/8) sampai hari ini, Selasa (6/8), jumlah keseluruhan terdapat 18.830 penumpang yang diberangkatkan dari Stasiun Pasar Senen. Jumlah kereta yang berangkat dari Stasiun Pasar Senen setiap harinya 26 kereta dengan tujuan Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur.

“Pagi tadi stasiun Pasar Senen memberangkatkan lima kereta reguler dan satu kereta tambahan. Semuanya memuat 4.387 orang penumpang,” pungkasnya.

Dari pantauan Sayangi.com, meski dirasa jumlah pemudik tidak membludak, para pemudik itu sebagian besar duduk di lantai bahkan duduk di lorong jalan. Mengomentari hal ini, lebih lanjut Sukendar menyatakan akan memberikan fasilitas tambahan ruang tunggu beserta kursinya.

Adanya kekurangan fasilitas buat penumpang di Stasiun Pasar Senen ini, lanjut Sukendar, pihaknya akan terus berupaya meningkatkan fasilitas yang ada di Stasiun Pasar Senen secara bertahap dan berkala.

“Apa bila ada kekuarangan dan pelayanan, akan terus kami evaluasi guna memberika pelayanan yang baik, nyaman, dan aman bagi penumpang yang berangkat di Stasiun Pasar Senen. Dulu kan Stasiun Pasar Senen semrawut dan kurang tertata. Tahun ini sudah lumayan baik, dan tahun depan semoga lebih baik, kita akan upayakan komitmen,” pungkas Sukendar. (HST)