Ini Empat Rute Wisata Transjakarta Untuk Lebaran 2013

Foto: Sayangi.com/Emil Ondo

Jakarta, Sayangi.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta tengah menyiapkan rute baru untuk transportasi bus Transjakarta, yaitu rute wisata untuk libur hari Lebaran 2013. Kepala Unit Pengelola (UP) Transjakarta, Pargaulan Butar Butar, mengatakan penambahan armada itu dilakukan untuk bus Transjakarta koridor yang memiliki rute tempat rekreasi atau wisata.

“Kita menjaga kemungkinan pada liburan hari raya tahun 2013 ini objek wisata menjadi pilihan pertama yang langsung diserbu pengunjung. Kita antisipasi dengan menyediakan jalur khusus, tapi sifatnya sementara. Tergantung kondisi di lapangan nantinya,” kata Pergaulan, saat dikonfirmasi Sayangi.com, Rabu (7/8).

Menurut Pergaulan, koridor yang diprediksi padat adalah Koridor V, yaitu Kampung Melayu-Ancol, dan Koridor VI, yaitu Ragunan-Dukuh Atas. UP Transjakarta pada hari libur lebaran ini akan tetap mengerahkan jumlah armada seperti hari biasa, yakni dengan mengerahkan 400-500 unit bus.

“Tidak ada perubahan armada. Bila nanti terdapat di satu halte penuh, maka tidak berhenti lagi di halte selanjutnya. Atau bila di satu koridor mengalami lonjakan penumpang, dan jumlah armadanya tidak mencukupi, maka akan dibantu dengan bus di koridor yang lain yang sepi penumpang,” jelas Pergaulan.

Kebijakan tersebut, lanjut Pergaulan, dilakukan sebagai antisipasi banyaknya warga nanti yang melakukan salat Ied. Sebagian koridor akan dipakai sebagai lokasi untuk salat Ied berjamaah. “Untuk perubahan waktu operasional Tranjakarta itu hanya pada hari pertama lebaran saja, untuk hari kedua lebaran dan seterusnya sudah bisa normal kembali,” terangnya.

Dari keterangan Unit Pengelola (UP) Transjakarta DKI Jakarta yang diterima Sayangi.com, meliputi empat rute wisata UPT Transjakarta untuk hari libur Lebaran 2013:

1. Pulogadung-Ragunan, akan beroperasi pukul 06.00-18.00 WIB.
2. Harmoni-Ragunan, akan beroperasi pukul 06.00–20.00 WIB.
3. Harmoni-Ancol, akan beroperasi pukul 07.00–21.30 WIB.
4. PGC-Ancol, akan beroperasi pada pukul 05.00–22.00 WIB.

(HST)