Tommy Balaskan Kekalahan Simon

Foto: badmintonindonesia.org

Guangzhou, Sayangi.com – Tunggal putra Indonesia Tommy Sugiarto berhasil lolos ke putaran ketiga Kejuaraan Dunia 2013 usai membungkam pemain Taiwan Hsu Jen Hao dengan kemenangan telak 21-9, 21-7, sekaligus membalas kekalahan Simon Santoso, Rabu.

Tommy yang menempati unggulan kedelapan telah unggul sejak awal pertandingan. Ia tidak membiarkan Jen Hao mengejar keunggulannya sepanjang pertandingan.

Pada awal game pertama, Tommy sudah meninggalkan Jen Hao dengan skor 5-0. Tommy membuat pertahanan yang cukup baik sehingga Jen Hao yang kini memegang ranking 31 dunia kesulitan untuk mencetak skor.

Putra mantan pebulu tangkis nasional, Icuk Sugiarto itu terus melaju sehingga skor terpaut jauh 11-3 atas Tommy. Jen Hao sempat berhasil mencegah Tommy menutup kemenangan di game pertama saat kedudukan sudah 19-7.

Jen Hao menambah skornya dua angka setelah akhirnya tetap gagal mengejar Tommy yang menutup permainan dengan kemenangan 21-9.

Pada game kedua, Tommy semakin di atas angin. Ia masih memegang kendali permainan dengan unggul 8-3. Lagi-lagi, Tommy tidak terkejar.

Jen Hao dibuat tidak berdaya sehingga harus menyerah pada Tommy dengan skor 21-7. Tommy menang telak dalam pertandingan yang berlangsung 37 menit itu.

“ Pada game kedua, saya bermain lebih agresif dan menyerang, karena kondisi angin di lapangan juga mendukung untuk bermain menyerang. Kekalahan Simon kemarin saya jadikan motivasi, saya ingin membuktikan kalau sektor tunggal putra Indonesia masih bisa melaju” kata Tommy, pemain jebolan klub Pelita Bakrie.

 
“Tipe permainan Hsu memang lebih cocok dengan Tommy. Kalau bertemu pemain yang tidak punya senjata mematikan, Tommy relatif lebih mudah untuk mengatasi, tidak gentar. Kebalikannya Simon, dia kalau bertemu pemain yang ulet, jadi agak goyah” tambah Joko Suprianto, Kepala Pelatih Tunggal Putra PBSI yang mendampingi Tommy.
 
Kemenangan hari ini makin memperkuat keunggulan Tommy dalam rekor pertemuannya dengan Hsu menjadi 3-0. Gelar juara di Singapore Open Superseries 2013 diakui Tommy menjadi modal baginya untuk tampil lebih percaya diri.
 
“Pada prinsipnya, Tommy hari ini bisa menjalankan strategi dan arahan dari pelatih. Kelihatan sekali dia confident nya tinggi, dari persiapan, pemanasan, percaya dirinya sudah kelihatan. Pada permainan tadi, saya instruksikan dia untuk bermain sabar dan perkuat pertahanan, dan selalu manfaatkan kesempatan untuk menyerang, serta banyak mencuri poin dari bola-bola atas” ungkap Joko.

Pada putaran ketiga atau babak 16 besar nanti, Tommy akan menanti lawannya antara Marc Zwiebler atau Toby Penty.

Satu wakil Indonesia lainnya di tunggal putra, Dionysius Hayom Rumbaka belum bertanding hingga berita ini diturunkan. Hayom harus melalui tantangan berat untuk meraih tiket ke putaran ketiga dengan menghadapi pemain nomor satu dunia, Lee Chong Wei asal Malaysia. (RH/ANT)