Garuda Buka Rute Langsung Ambon-Jakarta

Foto: Garuda Indonesia
Pesawat Garuda Indonesia

Ambon, Sayangi.com – Maskapai penerbangan Garuda Indonesia akan membuka penerbangan langsung Ambon-Jakarta pada 14 Agustus 2013, kata Manajer Garuda cabang Ambon, Sonny Pongoh.

“Pembukaan penerbangan langsung Ambon – Jakarta dilakukan seiring dengan peningkatan permintaan jasa penerbangan di Maluku serta memudahkan penumpang melakukan perjalanan ke tempat tujuan,” katanya di Ambon, Rabu (7/8).

Menurut dia, pembukaan rute penerbangan langsung itu dilakukan karena minat pengguna jasa penerbangan di Maluku semakin meningkat. “Sejak kehadiran Garuda di Ambon pada Juni 2010, survei pasar menunjukkan minat pengguna jasa penerbangan di rute tersebut cukup besar sehingga dirasa perlu melakukan penambahan rute,” katanya.

Sonny mengatakan pembukaan dua rute penerbangan itu merupakan upaya mempermudah penumpang melanjutkan perjalanan ke berbagai kota di Indonesia bahkan mancanegara. Penerbangan sebelumnya untuk Jakarta-Ambon melalui Makassar, berangkat dari Jakarta pukul 00.45 WIB, tiba di Ambon sekitar pukul 07.35 WIT, dan kembali ke Jakarta pada pukul 08.00 WIT.

“Penumpang masih transit di bandara Hassanudin Makassar, dan belum ada penerbangan langsung ke Jakarta maupun Surabaya,” katanya.

Ia menjelaskan, pembukaan penerbangan langsung juga merupakan upaya mengurangi arus mudik dari dan ke Ambon. “Target awal pembukaan penerbangan langsung dilakukan 1 Agustus 2013 sekaligus memudahkan kelancaran arus mudik, tetapi proses pengajuan ijin harus dilakukan 15 hari sehingga kami mulai membuka 14 Agustus,” tandasnya.

Kondisi Ambon yang semakin kondusif, katanya, merupakan aset besar untuk pengembangan pariwisata melalui jasa penerbangan.

Kami terus mempromosikan sektor pariwisata serta mendukung pengembangan perekonomian Maluku dengan memberikan pelayanan dengan kenyamanan baik sehingga menjadi contoh bagi maskapai lain,” kata Sonny Garuda, lanjutnya terus melakukan terobosan dengan mempromosikan potensi wisata Maluku khususnya kota Ambon ke mancanegara dengan memuat foto dan data dalam majalah terbitan jasa penerbangan tersebut. (HST/ANT)