Berkah Ramadhan, 1.369 Napi Dapat Remisi di Aceh

Foto: Antara

Banda Aceh, Sayangi.com – Menjelang perayaan lebaran Idul Fitri 1434 Hijriah. Sebanyak 1.369 Narapidana di Aceh mendapatkan remisi. Remisi ini diberikan dalam rangka menyambut hari kemenangan umat muslim setelah menjalankan ibadah puasa sebulan penuh.

Narapidana yang banyak mendapatkan remisi dari data yang dirilis oleh kantor Wilayah Hukum dan HAM Provinsi Aceh adalah narapidana kasus narkoba yang mendapatkan putusan hukum ringan.

Kepala Kantor Wilayah Hukum dan HAM Provinsi Aceh, Yatiman pada Sayangi.com menyebutkan, yang paling banyak mendapatkan remisi pada lebaran kali ini adalah di Lapas Lhokseumawe, Kuala Simpang, Kuta Cane dan Kabupaten Bireuen.

“Jadi sekarang ada 1.369 orang napi di Aceh mendapat remisi dari 4.600 orang Napi yang ada di seluruh lapas yang ada di Aceh” kata Yatiman, Rabu (7/8).

Dia menyebutkan, penetapan remisi pada narapidana tersebut sesuai dengan ketentuan regulasi yang ada. Yatiman menybutkan undang-undang Nomor 12 Tahun 1995 tentang permasyarakatan. “Ini juga didukung oleh Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 32 tahun 199 tentang Syarat dan Tata Cara Pelaksanaan Hak Warga Binaan Permasyarakatan,” imbuhnya. (HST)