Pesona Air Terjun Patih Gajah Mada

Probolinggo, Sayangi.com  – Indonesia memiliki jutaan pesona alam yang mengagumkan, dan sayang untuk dilewatkan ketika anda liburan. Bagi anda yang sedang menikmati libur lebaran disekitar Jawa Timur, jangan lewatkan destinasi alam yang satu ini. Adalah Air Terjun Madakaripura, satu wisata alam yang terletak di kawasan Probolinggo, tepatnya di desa Sapeh Kecamatan Lumbang. Hanya sekitar 7 Km dari lautan pasir Bromo.

Sebuah arca berwarna hijau kebiruan akan menyambut langkah anda di pintu gerbang. Arca tersebut dikenal sebagai arca Patih Gajah Mada dari Kerajaan Majapahit. Tak berhenti sampai disitu, sembari melintasi jalan setapak yang dipenuhi pohon rindang, terdengar gemuruh aliran sungai yang berbaur di bebatuan.Anda pun akan mendengarkan cerita dari sang pemandu tentang kisah epik di  kawasan ini. Tak lebih dari setengah jam, telinga anda pun akan dihujam suara debur air yang jatuh dari tebing berketinggian ± 100 meter, dan anda tiba-tiba akan terperangah, sebab  jauh ke atas, terlihat proses alam yang menakjubkan. Inlah yang disebut air terjun -air terjun  Sang Patih Gajah Mada!

Syahdan, Air terjun Madakaripura ini mendulang kisah hidup sang mpu-nya arca, Patih Gajah Mada. Di kawasan inilah yang dipilih sang Patih Majapahit ini menghabiskan sisa hidupnya, untuk bersemedi, memenuhi titah sang Penguasa Alam. Air terjun Madakaripura nampak  kokoh dengan tebing lurus dan tinggi, air yang jatuh mencurahkan sesuatu yang tidak dapat dipikirkan akan bentuk keagungan Tuhan.

Tak jarang, gelombang elektromagnetik seindah pelangi sering hadir mempercantik sang alam. Struktur tebing air terjun ini berbentuk tabung, melingkar penuh dengan ketinggian yang membuat air terjun jatuh berirama, adakalanya sumber suara deburan air menjadi rendah, karena aliran air yang jatuh juga perlahan. (VAL)