Hayom Gagal Atasi Chong Wei

Foto: badmintonindonesia.org

Guangzhou, Sayangi.com – Tunggal putra Indonesia Dionysius Hayom Rumbaka kembali gagal menaklukkan pemain nomor satu dunia Lee Chong Wei setelah dipaksa menyerah dari pertarungan sengit rubber game 21-14, 18-21, 11-21 pada putaran kedua Kejuaraan Dunia 2013, di Guangzhou, China, Rabu.

Hayom sempat membuat bintang Malaysia itu kewalahan. Hayom bahkan tampil gemilang dan secara mengejutkan berhasil membuat Chong Wei tidak berdaya pada game pertama.

Hayom terus mengancam Chong Wei di game kedua dan berusaha membuat perlawanan di game ketiga sebagai game penentuan. Namun, Hayom yang menempati peringkat 26 dunia lagi-lagi harus mengakui keunggulan Chong Wei yang telah lima kali mengalahkannya.

Pada Game pertama Chong Wei lebih dulu unggul 2-1, namun tak lama Hayom justru membalikkan keadaan dengan memimpin permainan 5-3. Hayom terus melaju meninggalkan Chong Wei 8-4.

Chong Wei semakin mati kutu. Pukulan-pukulannya kerap melebar dari garis lapangan yang semakin menguntungkan Hayom. Kedudukan masih dipimpin Hayom dengan skor 11-7.

Chong Wei tak mampu berbuat banyak. Ia justru melakukan kesalahan sendiri bahkan sempat gagal melakukan servis. Hayom pun tidak terkejar. Langkah Chong Wei terhenti di angka 14 sementara Hayom terus melaju hingga menutup kemenangan 21-14 atas Chong Wei.

Hayom masih di atas angin dengan memimpin sementara di awal game kedua 3-0 atas Chong Wei. Tidak terima tertinggal, Chong Wei menyamai kedudukan 7-7.

Keadaan berbalik, Chong Wei “mengamuk” dengan menghujam smes tajam andalannya yang mematikan. Langkah Hayom terkunci. Sementara Chong Wei berbalik memimpin dengan skor 13-7.

Perlahan tapi pasti, Hayom mencoba mengejar ketertinggalannya. Chong Wei dibuat susah payah untuk memenangi game kedua saat skornya sudah 19-13. Hayom bangkit dan mengejar hingga 16-19. Chong Wei langsung mati-matian menahan upaya Hayom untuk membalapnya dengan smes-smes sulitnya. Chong Wei berhasil memperpanjang nafasnya, ia unggul 21-18 dari Hayom.

Game ketiga yang menjadi penentuan berlangsung lebih sengit. Hayom masih tampil prima memimpin pertandingan dengan skor 4-2 sementara Chong Wei belum banyak menyerang.

Pelan-pelan Chong Wei menyamai kedudukan 6-6. Ia lalu mulai memasang strategi menyerang sehingga berbalik unggul 8-11. Hayom masih cukup mengancam dengan berupaya mencetak angka, Hayom menambah skor 11-15.

Akan tetapi, perlawanan sengit dari Hayom mengendur saat Chong Wei justru bangkit dan mengunci langkah Hayom untuk kembali mengejarnya. Hayom tidak berkutik. Ia pun harus mengakui keunggulan Chong Wei yang belum bisa ia taklukkan. Chong Wei pun akhirnya memenangi pertandingan 21-11.

“Pada game kedua, saya sudah berusaha untuk adu serangan dengan Chong Wei, tetapi belum berhasil. Chong Wei juga mengubah permainan jadi lambat. Di game penentuan, Chong Wei sudah diatas angin dan saya sulit buat mengejar. Disinilah pengalaman berbicara, Chong Wei lebih unggul” ujar Hayom.

Dengan demikian, langkah Hayom kandas di putaran kedua dan gagal menyusul rekannya Tommy Sugiarto, yang menjadi perwakilan Indonesia satu-satunya di turnamen bulu tangkis bergengsi itu.

Pasangan ganda putri Gebby Ristiyani Imawan/Tiara Rosalia Nuraidah gagal melangkah ke babak ketiga World Championships 2013. Lewat permainan rubber game, Gebby/Tiara menyerah dari Rie Eto/Yu Wakita asal Jepang, dengan skor 21-17, 19-21, 11-21.
 
Gebby/Tiara yang merupakan pasangan rangking 17 dunia, memiliki peluang besar untuk memenangkan pertandingan hari ini. Berhasil merebut game pertama, Gebby/Tiara juga unggul di game kedua hingga 8-4. Sayangnya, sejak berhasil menyamakan kedudukan 9-9, ganda putri Jepang ini justru mengambil alih irama permainan.
 
“Permainan tadi tidak jelas polanya seperti apa, padahal lawannya tidak terlalu berbahaya, merka cuma smash dan angkat bola terus. Malah kami yang banyak mati-mati sendiri, kami sangat tidak puas dengan hasil ini” ujar Tiara.
 
“Menurut saya, permainan kami kalau dibilang jelek juga tidak, apapun hasilnya hari ini kami terima. Ini akan kami jadikan sebagai bahan pembelajaran. Mungkin lawannya lebih siap. Pada game ketiga, mereka lebih percaya diri” tambah Gebby.
 
Sementara itu, pasangan Eto/Wakita mengaku puas bisa memenangkan pertandingan hari ini. Pasangan non unggulan rangking 58 dunia ini pun berhak untuk tiket babak ketiga World Championships 2013.
 
“Pasangan Indonesia sangat kuat di game pertama, kami sempat kewalahan dan pertahanan kami kurang rapat.Pada game ketiga, kami merasakan kecepatan Gebby/Tiara berkurang, jadi kami terus menekan” ujar Wakita.
 
Pasangan Pia Zebadiah Bernadet/Rizki Amelia Pradipta malam ini akan bertanding melawan ganda putri Malaysia, Amelia Alicia Anscelly/Soong Fie Cho. (RH/ANT)