450 Warga Binaan Lapas Pangkalpinang Laksanakan Shalat Id

Foto: Antara

Pangkalpinang, Sayangi.com – Sebanyak 450 dari 515 orang narapidana di Lapas Kelas II Kota Pangkalpinang Provinsi Bangka Belitung (Babel), melaksanakan Shalat Idul Fitri 1434 Hijriyah yang berlangsung aman dan khusus.

“Alhamdulillah, seluruh narapidana yang beragama Islam berbondong-bondong melaksanakan Shalat ID di Mushallah Lapas Pangkalpinang,” kata Kepala Lapas Pangkalpinang, Idad di Pangkalpinang, Kamis (8/8).

Pantauan di Lapas Kelas II Pangkalpinang, pelaksanaan berjalan dengan aman, lancar, tertib dan khusus. Terlihat narapidana non muslim berjaga-jaga dan membantu petugas Lapas menjaga keamanan demi kelancaran pelaksanaan shalat ID di lapas tersebut.

Idad mengatakan, selama satu bulan, narapidana ini dibina untuk menjalankan ibadah puasa, shalat tarawih, ceramah agama, tadarus dan ibadah lainnya dengan baik. “Alhamdulillah, kegiatan selama puasa Ramadhan sudah meningkatkan pembinaan dan keimanan, ilmu keagamaan narapidana untuk berbuat lebih baik di masa mendatang,” ujarnya.

Menurut dia, dalam upaya menginsyafkan narapidana ini, Lapas lebih memprioritaskan pembinaan kasih sayang, mendekatkan mereka dengan Tuhan Yang Maha Esa. “Jika mereka dibina dengan kekerasan tentu tidak akan berhasil karena mereka di luar lingkungan yang keras, misalnya melakukan perampokan, pencurian, pembunuhan dan lainnya, jika didik dengan keras tentu mereka akan senang dan tidak akan mengubah mental mereka,” ujarnya.

Ia berharap, Hari Raya Idul Fitri ini menjadi momentum bagi narapidana untuk berbuat lebih baik dan tidak lagi melakukan kejahatan yang akan merugikan diri, keluarga dan masyarakat. “Mudah-mudahan Idul Fitri ini mengembalikan kesucian atau fitrah narapidana menjadi pribadi yang lebih bauik yang berguna untuk keluarga, masyarakat dan daerah,” ujarnya. (HST/ANT)