Presiden Assad Ditembak Pemberontak Suriah?

Foto: AFP

Damaskus, Suriah, Sayangi.com – Sekelompok pemberontak Suriah mengklaim telah menembak iring-iringan Presiden Bashar al-Assad saat hendak menunaikan Shalat Id di sebuah sebuah masjid di Damaskus.

Dinyatakan oleh BrigadeĀ  Tahrir al-Sham, unit dari Tentara Pembebasan Suriah: “Setelah melakukan pengintaian [tentang] waktu dan perjalanan iring-iringan Bashar al-Assad, jalur tersebut kami bombardir dengan artileri. Kami panjatkan doa dan sedang menunggu laporan dari lapangan.”

Setelah pernyataan itu, televisi pemerintah Suriah menayangkan cuplikan rekaman saat Assad sedang shalat Id di Masjid Anas bin Malek di distrik Malki, di mana Assad tinggal.

Islam Alloush dari Liwa al-Islam, brigade pemberontak lainnya, sebagaimana dirilis pada Reuter, Kamis (8/8) mengatakan bahwa pemberontak menembakkan roket yang menghantam iring-iringan Assad dalam perjalanan menuju Shalat Id.

“Assad tidak kena, namun dari berdasarkan informasi dari orang dalam, terdapat korban dari rombongan tersebut,” kata Alloush.

Aktivis lainnya juga melaporkan adanya roket yang ditembakkan ke wilayah Malki, yang telah ditutup oleh pasukan keamanan.

Menteri Informasi Suriah membantah iring-iringan itu terkena serangan roket pemberontak. “Berita itu sepenuhnya tidak benar,” kata Omran Zoabi kepada televisi pemerintah Suriah. (HST/Guardian)