Djokovic dan Nadal Melaju ke Perempat Final Montreal

Montreal, Sayangi.com – Novak Djokovic dan Rafael Nadal bekerja keras untuk meraih kemenangan pada Kamis (Jumat WIB), ketika para petenis unggulan kesulitan untuk menembus perempat final Montreal Masters.

Juara Wimbledon Andy Murray gagal melaju ketika ia secara mengejutkan kalah 4-6, 3-6 dari Ernests Gulbis asal Latvia.

Unggulan teratas dan juara Kanada tiga kali Djokovic sempat kalah di set pembuka, sebelum kemudian berhasil memenangi set-set berikutnya dengan skor 2-6, 6-4, 6-4 atas petenis peringkat 66 dunia Denis Istomin. Nadal mengalahkan petenis Polandia Jerzy Janowicz 7-6 (8/6), 6-4.

Ini merupakan hari besar bagi tuan rumah Kanada, di mana dua petenis tuan rumah melaju ke perempat final untuk pertama kalinya sejak 1989.

Petenis wild card vasek Pospisil mengejutkan unggulan kelima Tomas Berdych 7-5, 2-6, 7-6 (7/5), sedangkan unggulan ke-11 Milos Raonic menundukkan mantan juara AS Terbuka Juan Martin del Potro 7-5, 6-4.

Raonic, yang mendapat perawatan untuk terkilir di lehernya selama 12 menit di set pertama, juga mendapatkan break ketika wasit memutuskan terjadi “dead ball” yang menghasilkan point pada game kedelapan set kedua meski kakinya mengenai net.

Aksi itu membuat serve Del Potro dinyatakan dipatahkan untuk skor 4-4 beberapa game sebelum pertandingan usai, dan membuat petenis Argentina itu marah.

Raonic memenangi 79 persen dari poin-poin serve pertamanya dan melepaskan lusinan ace berbanding satu ace yang dimiliki del Potro.

Djokovic mendapat kejutan saat ia bermain melawan Istomin ketika petenis Uzbekistan itu mendapatkan dua break untuk memenangi set pembuka. Pertandingan ini kemudian menjadi berat bagi Djokovic sepanjang dua jam tujuh menit, sebelum petenis Serbia itu berhasil mengamankan kemenangan melalui ace kesembilan.

Murray, yang memenangi lima pertandingan sebelumnya dengan Gulbis, melihat rangkaian 13 kemenangan beruntunnya terhenti.

Sekarang petenis peringkat dua dunia ini terbang ke Cincinnati untuk kesempatan terakhirnya memperbaiki penampilan di lapangan keras menjelang perjuangannya mempertahankan gelar AS Terbuka dimulai di New York pada 26 Agustus.

“Saya tentu saja kecewa karena tidak menang,” kata Murray. “Saya memukul bola dengan lebih baik pada hari ini daripada yang saya lakukan, saya hanya terkena break pada akhir kedua set.” “Tentu saja ada beberapa hal yang harus saya perbaiki, namun saya pikir hal itu akan datang seiring dengan dimainkkan beberapa pertandingan.” Gulbis melaju setelah bermain kurang dari 90 menit di mana ia melakukan tiga break pada Murray, juara dua kali di Kanada.

Gulbis, peringkat 38 dunia, mencapai perempat final ketiga sepanjang karirnya di level Masters 1000 namun pertama kalinya sejak Madrid pada 2010 di mana ia kalah dari Roger Federer.

Unggulan keempat Nadal, yang memainkan turnamen pertamanya dalam waktu tujuh pekan sejak kalah di putaran pertama Wimbledon dari petenis Belgia Steve Darcis, memerlukan satu jam 45 menit untuk menyingkirkan petenis Polandia unggulan ke-15 Janowicz, semifinalis Wimbledon.

“Saya mendapatkan kemenangan yang sangat bagus pada hari ini saat melawan musuh yang sangat sulit, saya sangat bahagia,” kata Nadal, pemenang tujuh gelar musim ini.

“Saya melakukan beberapa hal dengan baik dan ada beberapa hal yang perlu sedikit saya perbaiki.” “Secara umum saya senang dengan cara saya bermain, ini merupakan kemenangan hebat bagi saya, (kemenangan) yang penting.” Nadal, juara Prancis terbuka dan dengan tujuh gelar pada 2013, sekarang telah memenangi 45 pertandingan sejak ia kembali bermain pada Februari setelah absen selama tujuh bulan akibat cedera.

Petenis Spanyol itu akan kembali bertarung pada Jumat (Sabtu WIB) dengan menghadapi petenis kualifikasi asal Australia Marinko Matosevic, yang memerlukan waktu dua setengah jam untuk mengalahkan petenis Prancis Benoit Paire 7-6 (9/7), 6-7 (10/12),6-3. (RH/ANT)