SPBU dan Agen Elpiji Panen Rp 14 Triliun Selama Lebaran

Foto: Sayangi.com/Okky

Jakarta, Sayangi.com – Direktur Pemasaran dan Niaga PT. Pertamina, Hanung Budya memperkirakan, perputaran uang terkait bahan bakar minyak (BBM) dan Elpiji pada H-15 hingga H+15 Idul Fitri tahun ini bakal mencapai Rp 14 triliun.

“Secara nasional berarti ada peningkatkan konsumsi sebesar 15%. Kami hitung ada perputaran uang hingga Rp 14 triliun dari konsumsi BBM bisnis hilir Pertamina,” ujar Hanung. Lebih lanjut Hanung berasumsi, jika omset BBM subsidi jenis Premium nasional meningkat 15 persen, maka ada pergerakan volume penjualan yang per harinya berkisar dari 80 ribu kl menjadi 92 ribu kl.

Sedangkan konsumsi BBM jenis Pertamax meningkat hingga dua kali lipat, Elpiji naik 5-6 persen dari omset 16.600 metric ton per hari menjadi 17.956 metric ton per hari. “Tapi untuk BBM jenis Solar mengalami penurunan hingga 45 persen lantaran truk-truk logistik dan transportasi kegiatan industri tidak berjalan,” terangnya.

Jika diakumulasikan dengan tren konsumsi yang meningkat sepanjang Idul Fitri, lanjut Hanung, maka proyeksi perputaran uang bakal mencapai Rp 14 triliun. Namun demikian, keuntungan dari pendapatan ini hanya dinikmati oleh Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) dan agen-agen Elpiji. (MSR)