BI Lengkapi Kodifikasi Peraturan dengan Rekam Jejak Regulasi

Foto: sayangi.com/istimewa

Jakarta, Sayangi.com – Bank Indonesia (BI) menyusun kodifikasi peraturan yang dilengkapi dengan rekam jejak regulasi, guna memudahkan pemahaman mengenai peraturan yang ditetapkan dan mempermudah mengetahui historisnya.

Keterangan dalam situs resmi BI, Senin (19/8/2013) menyebutkan, penyusunan kodifikasi tersebut berdasarkan kategori bank dan nonbank. Selanjutnya, kodifikasi tersebut disusun sesuai sektoral tugas BI yaitu moneter, sistem pembayaran, dan perbankan.

Pada kategori bank, kodifikasi Peraturan Bank Indonesia diklasifikasikan sebagai Sektor Moneter yang dibagi dalam kelompok likuiditas rupiah dan likuiditas valuta asing (valas). Sektor Sistem Pembayaran dibagi dalam kelompok tunai dan nontunai.

Selanjutnya Sektor Perbankan dibagi dalam kelompok aset, liabilitas modal, kelembagaan, manajemen, jasa bank, hubungan dengan BI, dan lain-lain.

Pada kategori nonbank, Kodifikasi Peraturan Bank Indonesia diklasifikasikan sebagai Sektor Moneter yang dibagi dalam kelompok likuiditas rupiah dan likuiditas valutas asing (valas). Kemudian Sektor Sistem pembayaran dibagi dalam kelompok tunai dan nontunai.