Survei LSI di Pilgub Jatim Hanya Untuk Giring Opini?

Foto: navvia

Jakarta, Sayangi.com – Pasangan Khofifah Indar Parawansa-Herman Suryadi Sumawiredja (BerkaH) menilai hasil survei Lingkaran Survei Indonesia di Pilgub Jatim yang menempatkan elektabilitas Soekarwo-Saifullah Yusuf di urutan pertama hanya ‘permainan LSI’. Penempatan pasangan petahana dalam Pemilihan Gubernur Jawa Timur itu dinilai sebagai upaya menggiring opini publik.

“Itu sebetulnya hanya menggiring opini saja,” kata Herman di Surabaya, Rabu (28/8/2013).

Herman mengaku tidak risau dengan hasil survei LSI yang telah dipublikasikan besar-besaran melalui media cetak dan elektronik tersebut.

Ia mengatakan, ada hasil survei dari lembaga lain yang justru menempatkan pasangan Khofifah-Herman di urutan pertama dalam Pilgub Jatim 2013 ini. Hasil survei lembaga ini terbukti akurat dalam Pilgub DKI Jakarta dan Jawa Tengah.

Sebelumnya, lembaga PoliticaWave yang kerap memprediksi hasil pilkada dari tren percakapan di media sosial merilis temuannya terkait Pilgub Jatim.

Dalam situs http://politicawave.com/jatim, terlihat kalau dari tingkat keterpilihan kandidat (candidate electability) pasangan calon nomor urut empat Khofifah-Herman naik tajam dan mengalahkan tiga kandidat lain, termasuk pasangan petahana.

Temuan PoliticaWave tersebut adalah untuk mengukur persepsi khalayak tentang keempat kandidat yang akan bertarung memperebutkan posisi gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur.

Hasil survei PoliticaWave sebelumnya secara tepat memprediksi kemenangan Joko Widodo (Jokowi) dalam Pilgub DKI dan Ganjar Pranowo dalam Pilgub Jawa Tengah. (MI/Ant)