Aksi Anarkis Demo Sopir Metromini Ditangani Polisi

Foto: Antara berujung anarkis

Jakarta, Sayangi.com – Polisi masih memburu pelaku pengrusakan dua unit armada bus TransJakarta dan satu Kopaja, Kamis (29/8) kemarin. Pengrusakan terhadap dua armada bus Transjakarta dan Kopaja itu dilakukan pada saat melakukan aksi demo di depan gedung Balaikota DKI Jakarta.

Saat itu, ratusan sopir Metromini berdemo, terkait sejumlah amada mereka yang dikandangkan oleh Dinas Perhubungan DKI Jakarta, serta menuntut dipermudahnya proses uji KIR.

“Kami akan menindak perusak dua bus TransJakarta dan Kopaja. Para perusak tengah kami buru, masih kami cari. Kasusnya ditangani Polres Jakarta Pusat. Pelakunya masih dicari,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Rikwanto, di Mapolda Metro Jaya, Jumat (30/8).

Kata Rikwanto, pihaknya telah mempelajari sejumlah rekaman video yang dimiliki, termasuk rekaman video dari para awak media massa. “Setelah dipelajari, pada saat perusakan, ada anggota polisi di lapangan yang menyaksikan. Namun, petugas kala itu melihat situasi dan kondisi, sehingga tidak bisa mencegah perusakan,” tutur Rikwanto.

Dalam proses pembubaran massa, lanjut Rikwanto, petugas di lapangan saat itu melakukan pendataan dan tidak melakukan penangkapan, untuk mencegah aksi anarkis terjadi lebih jauh. “Selain barang bukti rekaman, kami juga akan memeriksa sejumlah saksi. Diantaranya petugas Dishub atau petugas bus TransJakarta dan Kopaja yang saat kejadian berada di dalam bus yang dirusaknya,” pungkas Rikwanto. (MSR)