Perekonomian Memburuk, Dewan Gubernur Mesti Lebih Berotot

Foto: Sayangi.com/Emil

Jakarta, Sayangi.com – Legalitas pengambilan keputusan di Bank Indonesia harus kuat. Itu sebabnya, Komisi XI DPR-RI berharap, Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia yang terpilih mendatang dapat memperkuat posisi Dewan Gubernur BI, terutama dari sisi legalitas.

“Kami harapkan dia (Deputi Gubernur Senior) akan memperkuat Dewan Gubernur dan akan membuat Dewan Gubernur semakin memiliki legalitas,” kata Wakil Ketua Komisi XI DPR RI Harry Azhar Azis usai rapat dengar pendapat dengan Pusat Pelaporan Analisis dan Transaksi Keuangan (PPATK) di Jakarta, Senin (2/9).

Sebagaimana amanat Undang-Undang Bank Indonesia, lanjut Harry, syarat formal struktur Dewan Gubernur BI terdiri atas Gubernur, Deputi Gubernur Senior, dan minimal empat Deputi Gubernur. “Sekarang kan Deputi Gubernur Senior tidak ada, jadi dikhawatirkan pengambilan keputusan Dewan Gubernur itu menjadi masalah dilihat dari sisi legalitasnya. Nah kalau Deputi Gubernur Senior ini dipilih, maka Dewan Gubernur BI itu secara legalitas dalam perundang-undangan sudah dianggap sah,” ujar Harry.

Komisi XI sendiri akan menggelar uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) terhadap dua calon Deputi Gubernur Senior BI yang diajukan presiden Selasa besok, yakni Kepala Eksekutif Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Mirza Adityaswara dan Kepala Ekonom Bank Danamon Anton Gunawan.

“Besok itu kami akan fit and proper test keduanya, jam 1-3 sore Mirza dan jam 3-5 itu Anton Gunawan,” kata Harry.

Komisi XI akan memberikan waktu bagi semua fraksi untuk mengambil keputusan pada Rabu (4/9) malam baik dalam bentuk musyawarah mufakat atau pemungutan suara terbanyak (voting). Harry menambahkan, setelah Deputi Gubernur Senior Bi terpilih, kemungkinan pada Selasa (10/9) akan disahkan melalui sidang paripurna DPR.

“Paripurna itu ‘kan, menurut saya kalau terpilih Rabu ini, Selasa depanlah. Kami beri satu minggu waktu untuk Presiden dan satu minggu itu cukup bagi MA (Mahkamah Agung) untuk melantik Deputi Gubernur Senior yang terpilih,” kata Harry. (MSR/ANT)