Buah Citrus Kaya Manfaat untuk Kesehatanmu

Foto/Ilustrasi : operalancaster.org

Jakarta, Sayangi.com – Ada banyak kandungan vitamin dalam lemon yang disebutkan baik bagi tubuh. Terutama vitamin C yang dikandung lemon yang memiliki jutaan kegunaan yang bermanfaat bagi tubuh, khususnya menopang daya tahan tubuh dan kekenyalan kulit. Seperti kita tahu, banyak orang yang melakukan suntik vitamin C untuk membuatnya lebih muda. Masih banyak lagi manfaat lemon untuk kulitmu. Simak yuk..

Memutihkan gigi

Ada banyak yang tak tahu bahwa ternyata lemon memiliki khasiat untuk memutihkan gigi secara alami. Caranya sederhana saja, cukup padukan sari lemon dengan baking soda kemudian aplikasikan ke gigi. Diamkan selama kurang lebih 1 menit. Kemudian sikat gigi dan berkumur seperti biasa. Meski hasilnya tidak bisa langsung terlihat, tapi pemakaian yang berkelanjutan akan menghasilkan gigimu putih bersinar tanpa harus menentang bahaya dengan menggunakan bahan kimia.

Mencerahkan dan memutihkan kulit

Nah, manfaat yang satu ini adalah manfaat yang paling populer dari lemon. Kulit yang kusam dan terdapat bintik-bintik hitam karena sengatan sinar matahari mampu diatasi dengan menggunakan lemon. Asam sitrusnya berperan sebagai pemutih alami yang apabila digunakan secara rutin akan mengembalikan putihnya kulit Anda. Mudah digunakan, lemon dapat mencerahkan kulit hanya dengan menjadikannya masker harian.

Mengatasi komedo dan kulit berminyak

Kulit berminyak identik dengan banyaknya komedo di mana-mana, baik komedo hitam maupun putih. Terutama di daerah T, komedo tampak mengganggu apabila tidak dibersihkan.

Nah, mengatasi hal ini Anda bisa memakai sari lemon untuk dijadikan masker, kemudian dibiarkan selama 10-15 menit sebelum mandi. Lakukan setiap hari untuk hasil alami yang memuaskan.

Menguatkan kuku

Ingin menjadapatkan kuku yang cantik dan tak mudah patah? Caranya mudah. Cukup rendam kuku anda dalam campuran air hangat yang sudah diberi minyak zaitun dan sari lemon selama kurang lebih setengah jam. Kemudian, pakai sarung tangan saat tidur agar ramuan meresap hingga esok pagi.

Menyembuhkan jerawat

Kandungan asam sitrus yang ada di dalam lemon juga paten mengobati jerawat yang membandel. Dengan catatan, anda tak membuat jerawat meradang (terluka) karena memencetnya. Caranya cukup mudah. sari lemon yang sudah diambil dioleskan ke bagian yang berjerawat. Diamkan selama kurang lebih 30 menit, kemudian bilas dengan air dingin.

Melembabkan kulit kering

Bagian siku dan lutut biasanya warnanya lebih hitam dan cenderung kering. Mengatasi problem ini, aplikasikan sari lemon dan sambil digosokkan perlahan. Untuk kulit yang menebal dan kasar, Anda bisa mencampurkan ramuan dengan gula pasir.

Waaah… banyak sekali manfaat lemon untuk kulit kita ya? Tak susah mencari lemon. Anda cukup mencarinya di pasar swalayan atau pasar tradisional dan harganya pun tak mahal. Masih ingin memakai bahan kimia saat bahan alami manfaatnya jauh lebih hebat? (FIT/berbagai sumber)