Menag Lepas Kloter Awal Jemaah Haji

Foto: sayangi.com/Chapunk

Jakarta, Sayangi.com -Diiringi pembacaan talbiyah, Menteri Agama Suryadharma Ali melepas kelompok terbang (Kloter) awal Jemaah haji Indonesia melalui embarkasi Halim Perdanakusuma, Jakarta, Selasa (10/9), dengan berpesan agar kembali ke Tanah Air dengan predikat haji mabrur.

Dalam upacara pelepasan Kloter Pertama dari Jakarta tersebut, Menag berharap Jemaah haji dapat memelihara kesehatan selama berada di tanah suci. Sehingga, lanjut dia, ibadah dapat dilakukan dengan maksimal dengan tetap waspada karena ada saja orang tidak punya niat baik untuk beribadah.

Jemaah harus waspada agar tidak tertipu orang tidak bertanggung jawab. Meski dia pandai berbahasa Indonesia atau Sunda, kewaspadaan harus dikedepankan. Jemaah harus berdisiplin dan mematuhi petunjuk dari petugas, pinta Suryadharma Ali.

Suryadharma Ali mengatakan, kepadatan di areal tawaf dewasa ini tidak dapat dihindari. Dari semula berkapasitas 42 ribu orang per jam, kini menjadi 22 ribu orang per jam. Mengecilnya areal tawaf, meski sudah disediakan tempat bagi Jemaah usia lanjut usia dan kursi roda, sebagai akibat dari perluasan Masjidil Haram.

Menag mengaku sudah dapat penjelasan dari otoritas haji di Arab Saudi bahwa perluasan Masjidil Haram berlangsung dalam tiga tahap selama tiga tahun berturut-turut. Itu berarti pemotongan kuota haji dari kuota dasar 211 ribu akan berlangsung selama tiga tahun sebesar 60 persen.

Karena areal tawaf yang padat itu, ia mengimbau Jemaah agar hati-hati. Untuk tawaf membutuhkan tenaga, sehingga Jemaah selama di tanah suci tidak perlu mementingkan belanja. Konsentrasi untuk ibadah jadi terbengkalai.

“Jangan sibuk belanja,,” imbau Suryadharma Ali.

Ia mengatakan, 90 persen Jemaah haji Indonesia pada musim haji 2013 belum pernah berhaji atau umroh. Itu berarti mereka belum mengenal lingkungan kawasan Masjidil Haram Mekkah yang kini tengah direnovasi dan kawasan Masjid Nabawi di Madinah. Dengan begitu, potensi terjadinya sesat di jalan sangat besar.

Terkait dengan itu, ia berharap Jemaah harus hati-hati, jangan sampai tertipu atau kecopetan, meski di kawasan tersebut kekuatan petugas keamanan dari tanah air sudah ditambah.

Hadir pada upacara pelepasan jemaah haji musim haji 1434 H/2013 M itu antara lain Irjen Kemenag M. Jasin, Dirjen Bimas Islam Abdul Djamil, Dirjen PHU Anggito Abimanyu, Dirut PT Garuda Emirsyah Satar dan para pejabat eselon II, anggota Komisi VIII DPR dan para pemangku kepentingan lainnya. (RH/ANT)