Dishub Siap Melepas Metromini Yang Dikandangkan

Foto : Yan Zavin

Jakarta, Sayangi.com – Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Udar Pristono mengatakan, sebanyak 215 metromini dan kopaja yang tak laik jalan telah dikandangkan Dishub DKI Jakarta.

Angkutan Bus Sedang itu sebelumnya terjaring razia selama periode 25 Juli hingga 6 September. Namun, dari jumlah itu, hanya 101 pemilik yang menyatakan siap akan memperbaiki armadanya.

“Dalam waktu dekat armada yang dikandangkan segera dikembalikan kepada pemiliknya. Tapi, pemilik baru 101 yang membuat surat pernyataan untuk memperbaiki armadanya,” kata Kepada Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Ujar Pristono, saat dihubungi Sayangi.com, Rabu (11/9).

Dikatakan Pristono, data dari Dishub DKI Jakarta menyebutkan, sebanyak 215 armada tersebut terdiri dari 125 Metromini, 30 Kopaja, dan 60 angkutan lain. Sementara pemilik yang membuat surat pernyataan terdiri dari 60 pemilik metromini, 18 pemilik kopaja, dan 23 pemilik angkutan lain.

“Sebanyak 25 armada lainnya ada yang memang tidak bisa dikembalikan ke pemiliknya, karena telah masuk ranah hukum, seperti kecelakaan, yang terdiri dari 20 Metromini, 3 Kopaja, dan 2 angkutan lain. Saat ini, kasusnya ditangani Polda Metro Jaya,” ujar Pristono.

Dalam surat penyataan itu, kata Pristono, pemilik diminta kesanggupannya untuk memperbaiki armada miliknya. Jika tidak dilakukan dan kedapatan masih beroperasi, maka armadanya itu akan dihancurkan.

“Kami meminta untuk memperbaiki armadanya sendiri, bukan armada orang lain, armadanya sendiri. Ini demi ketertiban umum, keselamatan, dan lain sebagainya. Tapi, kalau sudah buat surat penyataan tapi tidak dilakukan, kami akan tindak tegas, akan kami hancurkan,” pungkas Pristono. (MARD).