Italia dan Belanda Lolos ke Piala Dunia

Foto: FIFA

Roma, Sayangi.com – Juara Piala Dunia empat kali Italia mengamankan satu tempat di putaran final 2014 di Brazil setelah bangkit dari tertinggal satu gol untuk menang 2-1 atas Republik Ceko sekaligus menjuarai Grup B pada Selasa (Rabu WIB).

Tandukan Giorgio Chiellini dan eksekusi penalti Mario Balotelli pada awal babak kedua membatalkan gol pembuka yang dibukukan Libor Kozak pada menit ke-19 untuk tim tamu, dan membuat Italia mengoleksi 20 angka, unggul tujuh angka dari tim peringkat kedua Bulgaria dengan dua pertandingan yang belum dimainkan.

Gol kemenangan yang dibukukan Balotelli pada menit ke-54 menutup malam yang khas bagi sang penyerang, yang gagal memanfaatkan tiga peluang mudah pada babak pertama dan beruntung hanya dihukum kartu kuning atas pelanggarannya terhadap Tomas Sivok.

Pasukan Ceko yang dilatih Michal Bilek tidak beruntung karena tidak mampu mendapatkan setidaknya satu angka saat melawan tim asuhan Cesare Prandelli, ketika malam mereka berakhir pahit saat Daniel Kolar diusir keluar lapangan akibat pelanggarannya terhadap Balotelli pada menit terakhir pertandingan.

Hasil ini membuat Ceko tetap hanya mengumpulkan sembilan angka dan berada di ambang eliminasi. Mereka telah terpeleset ke peringkat keempat di bawah Denmark yang menang 1-0 atas Armenia dan mengoleksi 12 angka untuk unggul satu angka atas Bulgaria yang mengalahkan Malta 2-1.

Ceko harus memenangi dua pertandingan terakhir mereka, yakni saat bertandang ke Malta dan Bulgaria bulan depan untuk menjaga peluang lolos ke fase play off.

Sementara itu penyerang Robin van Persie mencetak dua gol saat Belanda lolos ke putaran final Piala Dunia 2014 Brazil melalui kemenangan 2-0 atas Andorra di Grup D pada Selasa (Rabu WIB).

Van Persie melepaskan tembakan mengejutkan dari luar kotak penalti pada menit ke-49 untuk membuka keunggulan Belanda – tim pertama dari Eropa yang mengamankan tempat di putaran final tahun depan – dan empat menit kemudian ia mencetak gol dengan memanfaatkan blunder pertahanan Andorra.

Kemenangan di Andorra-la-Velle melawan tuan rumah yang bermain bertahan membawa Belanda mengoleksi 22 angka dan tidak dapat dikejar lagi oleh para rivalnya di grup setelah Rumania kalah 0-2 di kandang sendiri dari Turki.

Ini merupakan kesepuluh kalinya Belanda lolos ke putaran final Piala Dunia. Mereka menjadi runner up pada 1974, 1978, dan di turnamen terakhir di Afrika Selatan pada 2010. (RH/ANT)