Pilkada Serang: ‘Incumbent’ Tubagus Haerul Raih Suara Terbanyak

Foto: Serangkota.go.id

Serang, Sayangi.com – Calon Wali Kota Serang ‘Incumbent’ Tubagus Haerul Jaman yang berpasangan dengan Mantan Sekretaris Kota Serang Sulhi Choir memperoleh suara terbanyak pada Pilkada Kota Serang 5 September 2013, sebanyak 151.216 suara.

Hasil pleno terbuka rekapitulasi suara KPU Kota Serang yang diselenggarakan di Serang, Rabu, hasil rekapitulasi dari eman PPK di Kota Serang yakni Kecamatan Serang, Cipocok Jaya, Curug, Walantaka, Kasemen, Taktakan, urutan kedua pasangan nomor urut dua Wahyudin Djahidi-Iif Fariudin yang memperoleh 97.374suara.

Tiga pasangan calon lainnya dari unsur perseorangan yakni nomor urut tiga Asep Fadli dan Purwo Rubiono mendapatkan 6.785 suara , pasangan nomor urut 4, Agus Irawan dan Harto meraih 4.619 suara serta pasangan nomor urut 5, Delly Suhendar dan Agus Wardhana memperoleh 9.149 suara.

Pembacaan hasil rekapitulasi suara hasil Pilkada Kota Serang dalam rapat pleno terbuka KPU Kota Serang tersebut disampaikan masing-masing PPK dari enam kecamatan di Kota Serang dan disaksikan anggota KPU Kota Serang dan unsur pimpinan daerah Kota Serang.

Berdasarkan hasil rekapitulasi KPU Kota Serang tersebut, pasangan nomor urut satu unggul disemua kecamatan atau di semua PPK di Kota Serang.

Ketua KPU Kota Serang M Arief Iqbal mengatakan setelah ditetapkan hasil rekapitulasi penghitungan suara tersebut, bagi para pasangan calon yang merasa keberatan diberikan kesempatan untuk menyampaikan keberatan.

“Kami persilahkan kalau merasa keberatan ditulis di form keberatan dan kami tidak berani membuka satu kotak pun hasil penghitungan di TPS,” kata Arif Iqbal saat menjawab permintaan salah satu saksi dari pasangan calon yang meminta KPU membuka secara ‘random’ beberapa kota suara dari TPS.

Dalam pleno KPU tersebut salah satu saksi dari pasangan calon meminta KPU untuk membuka kota suara dari beberapa TPS yang diduga ada manipulasi penghitungan suara di tingkat TPS. Namun demikian, KPU tetap menolak membuka kota suara dengan alasan menyalahi ketentuan.

Rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan suara di tingkat KPU Kota Serang dihadiri Wakil Wali Kota Serang Nana Suryana, pejabat Kota Serang serta para tim sukses lima pasangan calon pada Pilkada Kota Serang.

Pemilihan kepala daerah untuk memilih wali kota dan wakil wali kota Serang periode 2013-2018 yang diselenggarakan, Kamis (5/9) diikuti oleh lima pasangan calon yakni pasangan nomor urut 1, Tubagus Haerul Jaman dan Sulchi Choir. Pasangan ini diusung Partai Golkar, Partai Demokrat, PKS, PNI Marhaenisme, dan Partai Gerindra. Tubagus Haerul Jaman merupakan wali kota Serang dan Sulchi Choir merupakan mantan sekretaris daerah Kota Serang.

Kemudian, pasangan nomor urut 2, Wahyudin Jahidi dan Iif Fariudin diusung PDIP, Partai Hanura, dan PAN. Wahyudin berlatarbelakang pengusaha, sementara Iif Fariudin merupakan wakil ketua DPRD Kota Serang dari Fraksi PAN.

Tiga pasangan calon lainnya dari unsur perseorangan nomor urut 3, Asep Fadli dan Purwo Rubiono, pasangan nomor urut 4, Agus Irawan dan Harto serta nomor urut 5 pasangan Delly Suhendar dan Agus Wardhana yang juga merupakan calon perseorangan. (RH/ANT)