BKLDK Sultra Demo Tolak Miss World 2013

Foto: antara

Kendari, Sayangi.com – Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Badan Kontak Lembaga Dakwah Kampus (BKLDK) wilayah Sulawesi Tenggara (Sultra), Rabu, melakukan aksi penolakan pelaksanaan kontes miss world di Indonesia.

Aksi tersebut dipusatkan di perempatan Alun-alun Kendari dimulai pukul 10.30 Wita, sebelumnya massa tersebut melakukan jalan kaki dari Bundaran Mandonga menuju Perempatan Alun-alun Kendari.

Koordinator aksi, Aidul dalam orasinya mengatakan, penyelenggaraan miss world tidak lebih dari ajang eksploitasi tubuh perempuan sehingga acara itu merendahkan harkat dan martabat perempuan.

“Disamping merupakan proyek liberalisasi budaya, kontes miss world juga melegalkan kapitalisme guna mendongkrak pendapatan industri fashion, kosmetik dan rating media,” katanya.

Massa juga menilai bahwa ajang miss world hanya kedok bagi legalisasi eksploitasi tubuh dan kecantikan perempuan.

“Kontes miss world telah jelas mengumbar kemaksiatan,” katanya.

Untuk itu, massa meminta agar pemerintah mencabut izin penyelenggaraannya di Indonesia dan mengeluarkan kebijakan untuk menghentikan eksploitasi perempuan dalam bentuk apapun di negeri ini.

Usai menyampaikann orasi, dan membacakan pernyataan sikap, massa kemudian membubarkan diri. Aksi ini mendapat pengawalan dari pihak kepolisian. (RH/ANT)