Dua Kader Golkar Lolos Putaran Kedua Pilgub Riau

Foto: http://riaumaju.com/aman -Sayangi.com

Pekanbaru, Sayangi.com – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gubernur Riau 2013 tampaknya akan berlangsung dua putaran.

Data hasil hitung cepat Badan Kesatuan Bangsa dan Politik dan Masyarakat (Kesbangpolinmas) Riau terakhir memenangkan pasangan nomor urut 2 Anas Maamun-Arsyadjuliandi Rachman (Aman) dengan memperoleh suara tertinggi yakni mencapai 605.156 suara atau setara dengan 29,24 persen. Bersaing ketat dengan pasangan nomor urut 1 Herman Abdullah-Agus Agus Widayat (Hebat) yang memperoleh 540.792 suara atau sekitar 26,29 persen.

Sementara di urutan ketiga ditempati oleh pasangan nomor urut 4 Achmad-Masrul Kasmy sebanyak 425.231 suara (20,68 persen) dan pasangan nomor urut 5 Jon Erizal-Mambang Mit sebanyak 260.128 (12,65 persen). Pasangan nomor urut 3 Lukman Edy-Suryadi memperoleh suara paling sedikit dengan jumlah suara tidak lebih dari 225.361 suara atau setara dengan 10,96 persen.

Berdasarkan data hitung cepat Kesbangpolinmas Riau tersebut berarti yang akan lolos ke putaran kedua adalah pasangan Anas Maamun-Andi (Aman) dan Herman-Agus (Hebat). Menariknya, Anas Maamun yang merupakan Bupati Rokan Hilir dalam Pilgub Riau ini didukung oleh Partai Golkar. Sedangkan Herman Abdullah (mantan Walikota Pekanbaru) juga adalah mantan ketua DPD Golkar Pekanbaru, namun dalam pilgub ini didukung oleh Partai Gerindra dan sejumlah partai kecil.

Dengan demikian Pilgub Riau Putaran kedua nanti akan mempertemukan dua kader Golkar. Kepastian mengenai apakah Pilgub Riau berlangsung satu putaran atau dua putaran memang masih menunggu perhitungan KPU Riau.  

Namun Ketua Komisi Pemilihan Umum Riau Tengku Edy Sabli mengatakan, pihaknya telah mempersiapkan seluruh tahapan, termasuk jika Pilgub harus berlangsung dua putaran. “Semuanya sudah dipersiapkan, mulai dari anggaran sampai keperluan lainnya,” katanya.(VAL)