Pertamina Dukung Produksi Mobil Murah

Foto: sayangi.com/wahyudi

Jakarta, Sayangi.com – PT Pertamina (Persero) mendukung kebijakan yang dikeluarkan pemerintah yang mendorong produksi mobil murah dan ramah lingkungan (Low Cost Green Car/LCGC). Alasannya kebijakan itu karena dapat membantu menekan konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) Subsidi.

“Ini kan kebijakan pemerintah, kalau ini sudah diambil pemerintah, tentunya harus disadari semua, kalau ada LCGC yang harganya murah, tentu kemampuan masyarakat untuk membeli mobil ini akan semakin banyak,” ujar Vice President Corporate Communication Pertamina Ali Mundakir di kantor Pertamina Pusat, Jakarta, Jum’at (13/9/2013).

Artinya menurut Ali, maka populasi mobil juga akan semakin meningkat. Kalau populasi meningkat, tentunya kebutuhan akan BBM akan meningkat.

“Jadi asal ini sudah disadari oleh pemerintah, tentunya ini harus diakomodir di dalam penetapan kuota BBM untuk tahun depan,” imbuhnya.

Ali menambahkan, kalau tidak diakomodir, tentunya ini akan kembali terjadi gap antara kuota yang ditetapkan pemerintah dengan pertumbuhan kendaraan. Sebagaimana diketahui kalau LCGC tentunya banyak yang dibeli masyarakat menengah.

“Kalau orang punya mobil masa hanya di simpan digarasi saja tentunya efek berantainya sering digunakan, kalau sering digunakan jadinya konsumsi BBM akan semakin meningkat,” ujar Ali.

Ali menambahkan, dengan konsumsi BBM yang meningkat, ini akan menimbulkan kesulitan, dan ini harus diakomodir dalam kuota APBN.

“Jadinya kalau itu sebagai follow up dengan adanya LCGC, ini akan semakin baik. Apalagi kalau LCGC itu tidak diperkenankan memakai BBM subsidi dan akan membantu penghematan pemakaian BBM subsidi,” jelas Ali. (MI)

Berita Terkait

BAGIKAN