Kunjungi Kampung Air, JK Pesan Warga Bugis tak Hidup Jorok

Foto: sayangi.com/Okky

Jakarta, Sayangi.com – Mantan Wakil Presiden RI Jusuf kalla mengunjungi Kampung Air Pasar Lama Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur. Ia mengunjungi kawasan komodo itu bersama Dubes New Zaeland David Taylor.

JK, sapaan akrabnya, yang kini menjadi Ketua Dewan Pembina Yayasan Komodo mengunjungi Kampung Air untuk melakukan pembenahan lingkungan hidup pemukiman nelayan atas bantuan New Zaeland.

Dalam kunjungannya, JK mengingatkan warga Kampung Air agar menjaga kebersihan dan tidak sembarang membuang kotoran. Ia meminta agar warga setempat menjaga lingkungan dan mentradisikan hidup bersih dan sehat. Dengan begitu kata JK, Kampung Air akan kebanjiran turis seperti Bali.

“Kalau turis datang, maka cindramata laku, warga juga hidup sehat,” ujar JK dalam rilis yang diterima sayangi.com, Jumat (13/9/2013).

Di sini, kata JK banyak warga Bugis yang sudah turun temurun hidup di Kampung Air,

“Saya minta kalian jangan bikin malu di sini karena hidup jorok,” kata JK saat memberi masukan kepada tokoh masyarakat Bugis yang sehari hari berprofesi nelayan.  

“Tolong dijaga kebersihan lingkuangan,” tambahnya.

Dubes New Zealand, David Taylor, sangat senang melihat perubahan perbaikan pemukiman di Kampung Air. Taylor mengaku sudah tiga kali ke tempat ini dan amat terkesan dengan perubahan yang dicapai.

Kepala Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai, Abdullah Nur, menyampaikan mulanya Kampung Air sangat kumuh, namun kini berubah menjadi lebih tertata.

“Melihat padatnya pemukiman, membuat kawasan ini sebaiknya disiapkan rumah susun. Pembenahan yang dilakukan berupa jalan setapak dan fasilitas MCK untuk warga,” kata Abdullah.