Taiyaki, Lezatnya Ikan Keberuntungan ala Jepang

Foto : Sayangi.com/Oki

Jakarta, Sayangi.com – Tak hanya meriah dengan stand-stand mainan dan komik manga, Jak Japan Festival 2013 yang digelar sejak 1 hingga 8 September kemarin juga menghadirkan stand-stand bazar makanan dan minuman. Dari beberapa jajanan khas Jepang, Taiyaki menjadi salah satu yang terpopuler dan banyak diminati para pengunjung.

Taiyaki merupakan kue atau biskuit ala Jepang yang berbentuk ikan. Kue ini memiliki berbagai citarasa dari isinya. Citarasa aslinya berasal dari isi kue yang terbuat dari selai kacang merah. Adapun citarasa lainnya ada yang diisi dengan coklat, keju, vla dan sosis.

Harga yang dibandrol juga lumayan murah. Untuk satu buah kue ikan dihargai 15.000 hingga 20.000 Rupiah saja.

Taiyaki awalnya merupakan Imagawayaki yang dicetak dalam berbagai bentuk binatang. Namun kemudian berkembang ide untuk membuat kue tersebut dalam bentuk ikan Tai.

Di Jepang, ikan Tai diketahui sebagai ikan mahal yang hanya dikonsumsi warga Jepang di saat hari-hari besar tertentu. Selain itu, ikan tersebut dipercaya dapat membawa keberuntungan bagi yang memakannya.

Untuk membuat warga yang jarang memakan ikan Tai menjadi senang, maka para penjual imagawayaki membuat kuenya dengan bentuk ikan Tai. Alhasil, kue tersebut kemudian disebut Taiyaki.

Kelezatan Taiyaki diukur dari seberapa banyak dan meratanya isi kacang merah disalam perut ikan. Taiyaki dengan kualitas terbaik adalah Taiyaki yang isi kacang merahnya merata hingga ke bagian ekor ikan.

Cara pembuatannya juga mudah, bagian atas kue dipanggang terpisah dengan bagian bawahnya. Setelah kue hampir matang, keduanya disatukan dengan selai kacang merah.

Adapun adonan kuenya terbuat dari campuran tepung terigu, gula pasir, telur ayam, baking powder, dan air secukupnya. Penasaran ingin membuatnya sendiri dirumah? Tunggu resepnya dari Sayangi.com! (MARD)