Dituduh Punya Anak Haram, Jaksa Agung Korsel Mundur

Foto: straittimes

Seoul, Sayangi.com – Baru lima bulan memangku jabatan, Jaksa Agung Korea Selatan, mengundurkan diri pada Kamis (12/9) karena tuduhan punya anak di luar nikah.

“Hari ini, saya melepaskan diri dari saya tanggung jawab sebagai Jaksa Agung”, kata Chae Dong-Wook dalam satu pernyataan.

Ia tetap membantah tuduhan terhadapnya itu, dan mengatakan akan mengajukan gugatan terhadap surat kabar yang menulis berita fitnah itu pada pekan lalu.

Pengunduran diri itu dilakukan beberapa jam setelah Menteri Hukum Hwang Kyo-Ahn memerintahkan penyelidikan kasus itu.

Partai-partai oposisi menyatakan tuduhan itu direkayasa oleh partai konservatif yang berkuasa, setelah Chae mengizinkan tuduhan terhadap mantan kepala badan mata-mata nasional dan mantan kepala kepolisian Seoul.

Kedua orang itu terlibat dalam satu skandal di mana badan intelijen itu ikut campur tangan dalam pemilihan presiden tahun lalu.

“Kami memperhatikan fakta bahwa imbauan bagi pemecatan Chae muncul dari kalangan penguasa ketika kedua pejabat itu dituduh melanggar undang-undang pemilu”, kata Partai Demokrasi dari oposisi utama dalam satu pernyataan setelah Chae mengundurkan diri. (VAL/ANT)