Penemuan Baru, Candi Sriwijaya di Bukit Seguntang

Foto: http://commons.wikimedia.org.

Palembang, Sayangi.com – Satu lagi bukti yang menguatkan Palembang sebagai pusat Kerajaan Sriwijaya, yakni penemuan baru di bukit Seguntang yang diduga bangunan candi yang mirip candi Borobudur, Jawa Tengah. Proyek penemuan ini dikerjakan oleh Balai Arkeologi Palembang (13/9).

Menurut Retno Purwanti, Ketua Tim Pendokumentasian Situ-situs Arkeolog Palembang, bila di puncak Bukit Seguntang merupakan bangunan stupa yang sekarang sedang digali berukuran besar, maka kawasan tersebut digambarkan sebagai bangunan yang mirip dengan candi Borobudur. Sedangkan bila di puncaknya bangunan candi, maka digambarkan dengan candi Plaosan, Yogyakarta.

Penemuan yang diduga berasal dari abad ke tujuh tersebut didasarkan reruntuhan batubata yang tengah digali tersebut merupakan bangunan stupa.

Seperti diketahui, candi Borobudur puncaknya merupakan stupa sedangkan candi Plaosan bagian belakang merupakan candi. Sedangkan stupa pada candi Plaosan, berada di muka dengan bangunan stupa yang berjajar.

Namun demikian, pihaknya belum bisa memastikan bangunan apa yang terdapat dalam puncak Bukit Siguntang tersebut. Dari informasi yang diperolehnya pada tahun 1980-an, di puncak Bukit Seguntang terdapat penemuan berupa batubata. Tapi hal itu belum bisa dipastikan apakah berupa stupa atau candi.
 
Selain itu tim arkeolog juga menemukan beberapa batu megalit dan beberapa pecahan keramik peninggalan Sriwijaya.
 
Ditambahkan oleh Retno, bangunan kuno yang ditemukan ini merupakan kerangka dasar berada di beberapa titik di Bukit Siguntang.
 
Bukit Seguntang merupakan kawasan tertinggi di kota Palembang. Saat ini menjadi kawasan wisata sejarah dan diyakini tempat muasal seorang tokoh bernama Sang Sapurba, pendiri Kerajaan Melaka sebagaimana disebutkan dalam Hikayat Melayu.(VAL)