Oman Batalkan Ikut Sepakbola ISG

Foto: brecorder.com

Palembang, Sayangi.com – Negara Oman membatalkan keikutsertaannya pada cabang olahraga sepak bola pada acara “Islamic Solidarity Games III” di Palembang, 16-20 September 2013, sehingga mengurangi jumlah peserta kegiatan tersebut.

“Panitia pelaksana mendapatkan informasi, (Jumat, 13/9), bahwa Oman membatalkan keikutsertaannya sehingga total peserta hanya tujuh negara,” kata Koordinator Bidang Pertandingan Sepak Bola Panitia Pelaksana Islamic Solidarity Games (InaISGOC) Sumatera Selatan Faisal Mursyid di Palembang, Sabtu, Ia menerangkan bahwa sebelumnya panitia pelaksana juga mendapatkan konfirmasi bahwa tiga negara batal mengikuti pertandingan sepak bola, yakni Libya, Kuwait, Qatar, dan Uni Emirat Arab.

“Panitia tidak mengetahui alasan kelima negara tersebut membatalkan keikutsertaan meski sudah mengikuti undian (drawing) beberapa waktu lalu,” katanya.

Semula panitia melansir 12 negara sebagai peserta cabang olahraga sepak bola yakni Indonesia, Arab Saudi, Irak, Kuwait, Oman, Turki, Uni Emirat Arab, Qatar, Suriah, Palestina, Maroco, Libya, dengan dibagi dalam dua grup berdasarkan hasil undian.

Namun, pada dua hari menjelang pertandingan, panitia pelaksana menyatakan hanya tujuh negara yang ambil bagian yakni Indonesia, Arab Saudi, Irak, Turki, Suriah, Palestina, Maroko.

“Tim negara peserta sudah berangsur berdatangan, seperti Turki pada Jumat (13/9) malam, Palestina pada hari ini, dan Timnas Indonesia sendiri yang dijadwalkan pada 17 September,” katanya.

Terkait dengan jadwal pertandingan, menurutnya, mengalami perubahan mengingat terjadi pengurangan jumlah peserta.

“Pastinya akan ada undian ulang, namun harus dipastikan dahulu harus dijadikan satu grup atau dua grup, Semuanya akan ditentukan berdasarkan rapat bersama negara peserta pada hari ini,” ujarnya.

Pertandingan sepak bola sendiri akan dilaksanakan lebih awal dibandingkan cabang olahraga lain dengan memanfaatkan dua stadion yakni Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring dan Stadion Madya Bumi Sriwijaya.

Sementara, sebanyak 44 negara memastikan ambil bagian pada ISG III di Palembang, 22 September-1 Oktober 2013, yakni, Aljazair, Azerbaijan, Brunei Darussalam, Burkino Fasao, Mesir, Guyana, Indonesia, Iran, Iraq, Kuwait, Libya, Maladewa, Maroko, Malaysia, Oman, Pakistan, Palestina, Qatar, Saudi Arabia, Sudan, dan Suriah.

Kemudian, Tajikistan, Turkmenistan, Turki, Uni Emirat Arab (UEA), Uganda, Yaman, Guinea, Mauritania, Gambia, Nigeria, Yordania, Togo, Pantai Gading, Senegal, Kamerun, Monzambik, Libanon, Tunisia, Somalia, Bahrain, Jibuti, Bangladesh dan Chad.

Sumsel ditetapkan sebagai tuan rumah ISG menggantikan Provinsi Riau pada 2 Juli 2013 dalam rapat tiga menteri terkait, dan keputusan ini dikuatkan dengan dikeluarkannya Keppres pada 29 Juli 2013. (RH/ANT)