Prof. Deny: Pencoretan Caleg Akibat Kelalaian Partai

Foto: sayangi.com/Emil Ondo

Jakarta, Sayangi.com – Prof. Dr. Deny, Ketua Partai Kedaulatan menilai banyaknya calon legislatif yang dicoret dari Daftar Caleg Sementara  akibat kelalaian partai.

“Hal itu merupakan bukti ketidakmampuan partai dalam melakukan manajemen,” kata Deni, dalam sambutannya di acara Halal Bi Halal IKA Universitas Jayabaya di Balairung Gedung Sapta Pesona, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Sabtu (14/9).

Kelalaian partai ini, menurut Deny, tidak hanya merugikan Caleg yang bermasalah dalam proses administrasi. Caleg yang sebenarnya lengkap berkasnya, terpaksa harus gugur lantaran ada dapil yang tidak memenuhi syarat keterwakilan perempuan atau soal penomorurutan.

Untuk contoh masalah ini, kata Deni, 33 caleg dari Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia, 20 caleg dari Partai Persatuan Pembangunan, 9 caleg dari Gerindra, dan 8 caleg dari Partai Amanat Nasional.

Padahal, menurut Deny, bila partai sejak awal taat dan menjalankan aturan KPU dengan tertib, maka tidak akan ada pencoretan massal. Sedang untuk berkas caleg individu yang gagal memenuhi syarat, menurutnya merupakan bukti ketidaksiapan caleg bersangkutan untuk menjadi wakil rakyat.

“Kalau seandainya partai dari awal serius, tidak akan ada caleg yang terganjal. Saya berjanji akan mengajukan tuntutan masalah ini ke Pengadilan Tata Usaha Negara, kalau tidak saya akan mengajukan ini ke pengadilan tinggi Inernasional. Alasannya untuk kasus sengketa pemilu, Undang-Undang Pemilu dan Keputusan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu sudah menyatakan keputusan Bawaslu mengikat dan final,” papar Deny. (VAL)