Dortmund Geser Bayern Usai Pesta Gol ke Gawang Hamburg

Foto: soccerway.com

Berlin, Sayangi.com – Borussia Dortmund merebut puncak klasemen Liga Jerman pada Sabtu (Minggu WIB) dengan kemenangan 6-2 atas tamunya Hamburg, untuk menggeser juara Eropa Bayern Munich dari tempat pertama.

Setelah Bayern yang dilatih Pep Guardiola untuk sementara menduduki posisi teratas berkat kemenangan 2-0 atas Hanover 96, Dortmund membalasnya dengan menaklukan Hamburg yang dilatih Torsten Fink dengan kemenangan meyakinkan.

Rekrutan baru Pierre-Emerick Aubameyang mencetak dua gol, seperti yang juga dilakukan penyerang Polandia Robert Lewandowski, ketika runner-up Liga Champions Dortmund menjauhi tim tamu setelah Hamburg menyamakan kedudukan menjadi 2-2.

Borussia unggul 2-0 saat pertandingan baru bergulir 22 menit ketika Aubameyang merayakan penampilannya sejak menit pertama dengan gol pembuka sebelum rekrutan baru lainnya Henrikh Mkhitaryan menambahi gol kedua.

Hamburg meresponnya ketika bek Zhi Gin Lam mencetak gol pertamanya melalui tembakan keras dari luar kotak penalti pada menit ke-26, sebelum bek tengah Heiko Westermann menanduk bola untuk menjadi gol kedua pada menit ke-49.

Namun Dortmund kemudian menaikkan “gigi persenelingnya” ketika Aubameyang mencetak gol keduanya dengan memanfaatkan operan Mkhitaryan, sebelum pemain sayap asal Gabon ini memberi umpan kepada Lewandowski untuk menjadi gol keempat Dortmund.

Dengan berantakannya pertahanan Hamburg, pemain sayap Jerman Marco Reus mencetak gol melewati kiper Rene Adler, kemudian Lewandowski menutup penderitaan tim tamu ketika tandukannya menjadi gol keenam Dortmund beberapa saat sebelum turun minum.

Borussia menjadi satu-satunya klub Liga Jerman dengan rekor 100 persen setelah lima pertandingan menjelang lawatan Rabu ke Napoli di pertandingan pembuka Liga Champions mereka.

Sebelumnya, dua gol di babak kedua yang dibukukan penyerang Kroasia Mario Mandzukic dan pemain sayap Prancis Franck Ribery membawa Bayern mendapatkan tiga angka di Allianz Arena Munich saat mereka menang 2-0 atas Hanover 96.

Itu merupakan persiapan ideal bagi pasukan Pep Guardiola yang akan memulai perjalanan mereka di Liga Champions dengan menjamu CSKA Moscow pada Selasa.

“Bagi kami, pertandingan-pertandingan setelah jeda internasional selalu sulit. Kami tidak kelelahan, namun ritme kami hilang,” kata Guardiola.

“Kami bermain lebih baik setelah unggul dan kami sekarang siap untuk Liga Champions pada Selasa.” Bayer Leverkusen, yang memulai penampilannya di Liga Champions dengan menghadapi raksasa Inggris Manchester United, melakukan pemanasan sebelum melakukan perjalanan ke Old Trafford dengan kemenangan meyakinkan 3-1atas VfL Wolfsburg untuk tetap menghuni peringkat ketiga.

“Saya bahagia dengan penampilan di babak kedua, awalnya kami terlalu banyak berlari, namun kami lebih baik setelah turun minum dan dapat mencetak lebih banyak gol,” kata pelatih Sami Hyypia.

Pemain sayap Jerman Sidney Sam membawa tuan rumah unggul sebelum penyerang Wolfsburg yang berasal dari Kroasia Ivica Olic menyamakan kedudukan sebelum turun minum.

Stefan Kiessling mencetak dua gol untuk memberikan Leverkusen kemenangan keempat dari lima pertandingan pembuka mereka, dengan tandukan pada menit ke-65 sebelum menorehkan gol keduanya di masa tambahan waktu.

Wolfsburg harus bermain dengan sepuluh pemain ketika mantan gelandang Bayern Munich Luiz Gustavo diusir keluar lapangan sepuluh menit sebelum pertandingan usai, untuk kedua kalinya pada musim ini.

Pemain Brazil itu baru kembali dari skorsing setelah diusir keluar lapangan saat timnya kalah 0-2 di Mainz pada akhir Agustus.

Schalke 04, yang akan menjamu Steaua Bucharest di Liga Champions pada Rabu, meneruskan kebangkitan mereka dengan meraih kemenangan keduanya.

Pendatang baru Kevin-Prince Boateng mencetak gol kemenangan pada babak pertama di pertandingan keduanya di liga sejak didatangkan dari AC Milan.

“Kami bangkit untuk itu, itu sudah jelas. Kami bertahan sangat kuat di Mainz,” kata Boateng.

“Jika kami melakukan hal yang sama saat melawan Steaua, kami bisa mendapatkan hasil positif lainnya.” Kemenangan ini mengangkat Royal Blues ke peringkat kedelapan, sedangkan Mainz menghuni peringkat kelima.

Werder Bremen menelan kekalahan berturut-turut ketiganya saat mereka takluk 0-3 dari tamunya Eintracht Frankfurt.

Penyerang Republik Ceko Vaclav Kadlec mencetak dua gol pada babak pertama sebelum bek Austria Sebastian Proedl mencetak gol bunuh diri untuk melengkapi kesedihan Bremen.

Augsburg memerlukan gol kemenangan yang dibukukan pada menit ke-90 dari gelandang Tobias Werner untuk mengunci kemenangan 2-1 di kandang sendiri dari Freiburg, sedangkan pada Jumat VfB Stuttgart meraih kemenangan 1-0 di ibukota saat melawan Hertha Berlin, kemenangan kedua mereka musim ini di bawah asuhan pelatih sementara Thomas Schneider. (ANT)