Bahaya Tidur dengan Lampu Menyala

foto/Ilustrasi: Health Life

Jakarta, Sayangi.com – Tidur dimalam hari merupakan aktivitas rutin yang dilakukan manusia. Tidur pun memiliki banyak manfaat, salah satunya untuk mengistirahatkan fisik maupun pikiran. Kebiasaan manusia dalam aktivitas yang satu ini juga berbeda-beda. Ada yang senang tidur dengan lampu menyala, dan ada yang lebih nyaman tidur dengan lampu dimatikan.

Namun tahukah anda, tidur dengan lampu menyala bisa mengakibatkan beberapa resiko penyakit pada tubuh anda? Disaring dari beberapa sumber, berikut bahaya tidur dengan lampu menyala.

Tidur dengan lampu menyala akan menghambat produksi hormon melatonin dalam tubuh anda. Ahli biologi Joan Robert pernah mengatakan bahwa tubuh baru bisa memproduksi hormon melatonin ketika tidak ada cahaya. Hormon melatonin sendiri merupakan hormon yang berhubungan erat dengan kekebalan tubuh anda. Hormon melatonin ini berfungsi dapat mencegah berbagai penyakit dalam tubuh anda termasuk kanker prostat maupun kanker payudara.

Lynne Eldridge M.D, seorang praktisi kesehatan yang juga menulis buku ‘Avoiding Cancer One Day At A Time’ juga menuliskan bahwa perempuan buta 80 persen beresiko lebih kecil mengidap¬† kanker payudara dibanding dengan perempuan yang tidak buta. Diduga faktor hormon melatonin yang banyak ditubuhnya karena penglihatan yang gelap.

Agar hormon melatonin dapat berproduksi dengan baik di tubuh anda, sebaiknya anda tidur dengan lampu dimatikan. Dari hasil beberapa penelitian,tidur dengan lampu menyala juga akan merangsang pembentukan sel kanker. Oleh karena itulah, mematikan lampu saat tidur di malam hari merupakan solusi paling mudah untuk mencegah penyakit kanker tersebut. Jika anda tidak terbiasa, anda bisa menggunakan lampu suram atau lampu tidur yang berwarna merah atau kuning gelap. Dan jangan lupa mematikan layar televisi anda. (RH)