PVMBG Tetapkan Status Gunung Sinabung Siaga III

Foto: Antara

Kabanjahe, Sumut, Sayangi.com – Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menetapkan status Gunung Sinabung yang terletak di Kecamatan Naman Teran, Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara, Siaga (Level III).

“Penetapan itu setelah terjadinya letusan gunung Sinabung, Minggu, sekitar pukul 02.51 WIB, kata Koordinator Humas Posko Penanggulangan Bencana Gunung Sinabung, Jhonson Tarigan di Kabanjahe, Minggu, dan menambahkan sebelumnya statusnya Waspada (Level II).

Kenaikan status gunung Sinabung tersebut, menurut dia, setelah meningkatnya aktivitas gunung berapi itu.

Perubahan status gunung Sinabung itu ditentukan petugas PVMBG sejak Minggu (15/9) sekitar pukul 03.00 WIB.

“Jadi, setelah gunung Sinabung meletus pukul 02.51 WIB, maka petugas PVMBG langsung menaikkan status gunung berapi itu,” ujar Jhonson.

Dia menyebutkan, dengan kenaikan status gunung itu, maka penduduk yang tinggal di kaki gunung Sinabung terpaksa harus diungsikan ke lokasi yang lebih aman.

“Ini dilakukan untuk menjaga hal-hal tidak diingini dialami warga yang tinggal tidak berapa jauh dari lokasi gunung Sinabung,” katanya.

Jhonson menambahkan, ada sebanyak empat desa yang warganya harus dievakuasi atau dipindahkan dari kaki Gunung Sinabung, yakni Desa Kutagunggung, Desa Bekerah, Desa Simacem dan Desa Sigarang-garang, seluruhnya berada di Kecamatan Naman Teran.

“Petugas PVMBG masih terus memantau perkembangan Gunung Sinabung yang meletus tersebut,” ucap dia.

Ketika ditanya apakah ada korban jiwa atau yang mengalami luka-luka saat terjadinya letusan Gunung berapi, Jhonson mengatakan tidak ada, dan seluruh warga dalam keadaan sehat.

“Pemkab Karo hingga kini masih terus memantau perkembangan pengungsi yang berada di lokasi penampungan, apa ada yang mengalami sakit,” kata Jhonson.

Sinabung adalah gunung tertinggi di Sumatera Utara, dengan ketinggian sekitar 2.600 meter dan Gunung Sibayak puncak tertinggi kedua dengan ketinggian 2.040 meter.

Kedua gunung tersebut adalah gunung berapi aktif dan kedua-duanya gunung berapi aktif yang masih tersisa di Sumatera Utara. Gunung Sinabung terletak di Kecamatan Simpang Empat, sedangkan Gunung Sibayak terletak di Kecamatan Berastagi.

Pada tanggal 3 September 2010, terjadi dua letusan. Letusan pertama terjadi sekitar pukul 04.45 WIB sedangkan letusan kedua terjadi sekitar pukul 18.00 WIB. (ANT)

Berita Terkait

BAGIKAN