Ortus Hadiahi Jakarta Monorel “Made In Indonesia”

Foto: Jakarta.go.id

Jakarta, Sayangi.com – Direktur Ortus Holdings, Banyu Biru Djarot berencana menggandeng perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Indonesia untuk menggunakan kereta buatan dalam negeri.

“PT. Jakarta Monorel telah melaporkan beberapa rencana pembangunan kepada Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo. Diharapkan pada waktunya nanti, proyek monorel di Jakarta, dan Indonesia pada umumnya, akan menggunakan produksi dalam negeri,” kata Direktur Ortus Holdings, Banyu Biru Djarot, saat dikonfirmasi Sayangi.com, Senin (16/9).

PT. Ortus Holdings, kata Banyu, akan segera membuat pabrik monorel pertama di Indonesia setelah laporan diserahkan oleh Edward Soeryadjaya terkait kelengkapan semua dokumen perihal pengaktivan dan pembangunan proyek monorel oleh PT Jakarta Monorel yang diperlukan oleh Pemrov DKI Jakarta.

Pembangunan pabrik Monorel ini, papar Banyu, ditandai dengan dilakukannya penandatanganan oleh Komisaris Utama PT. Jakarta Monorel (JM) Edward Soeryadjaya dengan BUMN Cina yang rencananya ikut kunjungan kenegaraan Presiden Cina Xi Jinping ke Jakarta. Penandatanganan tersebut akan dilakukan pada tanggal 3 Oktober 2013.

“Dalam penandatanganan tersebut akan dibahas penunjukan oleh JM kepada China Communication Construction Company (CCCC) sebagai turnkey contractor, kemudian penandatangan kerjasama pembiayaan dengan pihak Industrial and Commercial Bank of China (ICBC). Sementara dalam hal ini, PT JM juga telah menyatakan kesiapannya untuk memulai pembangunan fisik monorel yang akan ditandai dengan ground breaking pada tanggal 16 Oktober 2013 oleh pak Gubernur,” jelas Banyu.

Setelah penandatanganan kontrak dengan pihak China Northern Railways (CNR), papar Banyu, maka pihak PT Ortus Holdings akan bermitra dengan anak perusahaan CNR, yaitu Changchun Railways Vehichels Co Ltd untuk maintenance, repair, assembling, dan manufaktur kereta monorel. (MSR)