Heboh Gadis Uzbek Penyusup Miss World 2013

Olah foto: sayangi.com/Ami

Denpasar, Sayangi.com – Panitia ajang Miss World yang sudah berpengalaman sejak tahun 1951 ternyata bisa disusupi alias kecolongan oleh gadis Uzbekistan bernama Rakhima Ganieva.

Seperti dilansir IBtimes, Ganieva (18 tahun) awalnya datang untuk mengikuti kontes yang berlangsung di Indonesia sejak 8 September untuk mengibarkan bendera negaranya. Disebutkan bahwa Rakhima Ganieva telah memenangkan kontes kecantikan di negaranya pada ajang komptetisi yang berlangsung pada 20 Juli 2013. Masalah kemudian muncul ketika pejabat yang berwenang di Uzbekistan mengatakan bahwa tidak ada kontes kecantikan yang terjadi di negara itu untuk memilih Putri Uzbekistan.

Selain itu profil Ganieva di situs resmi kontes ini melukiskan gambaran yang membingungkan banyak pihak. Dalam sebuah video pengantar, Ganieva mengaku sebagai mahasiswa di University of International Diplomacy and Economy. Hal itu berbeda dengan apa yang ditulis di website, dimana dia mengaku lulusan dari Tashkent Professional College of Tourism. Di situ juga ditulis bahwa ia baru berencana untuk memasuki Universitas dan kemungkinan akan mengambil jurusan bidang Hubungan Internasional & Hukum.

Setelah diselidiki, University of International Diplomacy and Economy tidak ada catatan Ganieva pernah terdaftar sebagai mahasiswa di sana. Hal yang lebih mencengangkan terjadi ketika Service Liberty, sebuah radio lokal Uzbek menghubungi pejabat di Kementerian Kebudayaan dan Olahraga Uzbekistan dan sebuah lembaga yang bernama Komite Nasional untuk Perempuan Uzbekistan. Kedua institusi tersebut dengan kompak menyebut bahwa Ganieva bukanlah ratu kecantikan tetapi lebih pantas disebut sebagai penipu ulung.

Panitia penyelengara lokal Miss World 2013, Syafril Nasution, kepada wartawan mengaku bahwa pihaknya hanya menyelenggarakan acara, dan tidak berwenang menentukan utusan dari masing-masing negara.

“Kami hanya penyelenggara acara tersebut. Dalam hal identitas para peserta, itu wewenang MWO (Miss World Organization),” Kata Direktur Corporate Affairs RCTI tersebut. Sampai berita ini diturunkan, belum diperoleh informasi apakah Rakhima Ganieva terkena diskualifikasi atau tetap mengikuti rangkaian acara Miss World 2013. (Berbagai sumber)