Catat: 21-22 September, BBM-an Bisa di Android dan iPhone

Foto: engadget.com

Jakarta, Sayangi.com – Bukan gosip lagi, BlackBerry Messenger (BBM), ikon yang bertahun-tahun identik dengan produk BlackBerry – penghasil smartphone dan jasa telekomunikasi asal Kanada, bakal nongol di smartphone berbasis Android dan iPhone.

Alat ngobrol yang eksklusif milik BlackBerry itu, pada 21-22 September bisa diunduh di Google Play (Android) dan App Store (iPhone). Dijamin, fitur-fiturnya tak akan berkurang. Misalnya, tanda cek yang mengisyaratkan pesan terkirim dan terbaca – yang menjadikan BBM begitu real – dipastikan tetap ada, persis seperti yang ada di hape BlackBerry. Begitu juga buat yang hobi sharing foto, berkas, dan rekaman suara (voice notes), tetap bisa kok.

Ber-BBM keroyokan di Grup juga tetap jalan, dengan fitur chatting bersama orang-orang tertentu tetap terbuka. Tak kalah penting, buat penyuka broadcast, tetap juga bisa mengirim satu pesan ke banyak orang dalam waktu bersamaan, seperti barangkali yang selama ini kerap Anda lakukan. Update status dan foto profil buat mereka yang hobi narsis pun tetap terwadahi. Pendek kata, tak ada fitur BBM yang menghilang ketika berjalan di sistem operasi Android dan iPhone.

Bagaimana dengan PIN BB yang selama ini identik dengan pemakainya, alias satu PIN BB untuk satu orang? Tetap begitu aturan mainnya. Setiap PIN adalah unik, berlaku untuk satu handset, tanpa harus memasukkan nomor telepon atau alamat email.

Saat ini pengguna layanan BlackBerry di seluruh dunia tercatat ada 60 juta orang, rata-rata menghabiskan waktu untuk ber-BBM sekitar 90 menit per hari. Traffiknya lumayan padat, pengguna BBM rata-rata mengirim dan menerima pesan lebih dari 10 miliar per hari. Jumlah itu jauh lebih banyak dibandingkan dengan software-software sejenis di lain platform.  

Dalam pernyataannya baru-baru ini, Andrew Bocking, Executive Vice President BlackBerry bilang, “BBM itu alat chatting yang bikin ketagihan, karena mudah digunakan dan sangat personal. Dengan lebih dari satu miliar jumlah pengguna Android, iOS, and BlackBerry di seluruh dunia, rasanya inilah waktu yang tepat untuk membawa BBM ke platform Android and iPhone.”

BBM bisa diunduh gratis untuk smartphone Android yang sudah berjalan di sistem operasi (OS) Ice Cream Sandwich dan Jelly Bean (dikenal juga sebagai Android versi 4.x), mulai 21 September. Sedangkan BBM untuk iPhone yang berjalan di sistem operasi iOS 6 dan iOS 7 bisa diunduh di App Store, pada 22 September. Untuk informasi lengkap, silakan mampir ke www.BBM.com. (MSR)