Nama Saya Janice Keihanaikukauakahihuliheekahaunaele

Foto: newsbite.it

Jakarta, Sayangi.com – Entah bagaimana cara Janice mengingat nama belakangnya yang terdiri atas 35 karakter. Yang pasti, hampir 20 tahun ia berjuang agar nama lengkapnya bisa tertera lengkap di KTP dan Surat Izin Mengemudi (SIM).

Perempuan yang tinggal di Hawaii ini sempat diminta oleh pihak berwenang untuk mengganti namanya di KTP dan SIM karena terlalu panjang. Namun Janice sama sekali tak berminat mengikuti saran itu, memendekkan namanya menjadi “Lokelani” seperti anjuran pejabat setempat.  

Janice menganggap haknya untuk memakai nama panjang Keihanaikukauakahihuliheekahaunaele. “Nama itu bukan sekadar deretan huruf, tapi juga memiliki makna spiritual buat saya,” jelasnya. Meski bertahun-tahun dia harus menahan kesal karena mesin pencetak KTP maupun SIM hanya mampu menampung nama belakang dengan jumlah karakter 34 saja, sehingga “e” terakhir dari Keihanaikukauakahihuliheekahaunaele biasanya lenyap.  

Apa sesungguhnya makna Keihanaikukauakahihuliheekahaunaele dalam bahasa Hawaii? Janice bilang, artinya “ketika datang khaos atau kekacauan di sekitar Anda, jadilah satu-satunya orang yang mampu keluar dari kondisi khaos itu, sekaligus membimbing orang-orang keluar dari kekacauan.”

Hak Janice untuk mencantumkan nama lengkapnya di KTP dan SIM menjadi kenyataan belum lama ini, saat usianya menginjak 54. Janice mengadukan kasusnya ke KHON, sebuah lembaga sosial kemasyarakatan yang mendorong Janice ke Departemen Transportasi Hawaii. Dalam hitungan hari, badan yang sebelumnya mengaku sulit mengakomodir keinginan Janice untuk mengubah sistem pencetakan KTP dan SIM yang sudah baku, akhirnya bersedia membantu.

Caroline Sluyter dari Departemen Transportasi Hawaii menjelaskan, gara-gara Janice, lembaganya melakukan “reformasi” sistem pencetakan KTP dan SIM yang sudah berjalan bertahun-tahun. Sehingga kini mampu menampung 35 karakter untuk nama belakang Janice. “Reformasi” bakal berlanjut hingga akhir tahun ini, agar KTP dan SIM bisa menampung hingga 40 karakter nama depan dan nama belakang, serta 35 karakter nama tengah.

Janice mewarisi nama Keihanaikukauakahihuliheekahaunaele dari suaminya, penduduk asli Hawaii, saat menikah pada 1992. Suami Janice meninggal pada 2008, membawa mati problem namanya yang berkepanjangan dan tak kunjung selesai. (Reuters)