PBB Kutuk Serangan di Nairobi

telegraph.co.uk

PBB, New York, Sayangi.com – Dewan Keamanan (DK) PBB, Sabtu (20/9), mengutuk keras serangan di Nairobi, Ibu Kota Kenya, dan menyampaikan solidaritas 15 anggota dewan itu kepada rakyat dan Pemerintah Kenya.

“Semua anggota Dewan Keamanan mengutuk dengan sekeras-kerasnya serangan … hari ini di Nairobi, yang telah menewaskan dan melukai sejumlah orang,” kata DK PBB di dalam satu pernyataan yang dikeluarkan di Markas PBB, New York, Sabtu.

Korban jiwa dalam serangan tersebut oleh beberapa pria bersenjata di satu pusat pertokoan terkenal di Nairobi pada Sabtu telah naik jadi 39 orang tewas, kata Presiden Kenya Uhuru Kenyataa.

Pernyataan tersebut, sebagaimana dilaporkan Xinhua, Ahad pagi, menambahkan, “Anggota Dewan Keamanan menyampaikan belasungkawa mereka buat korban dan keluarga mereka, serta rakyat dan Pemerintah Kenya.” Kelompok gerilyawan Somalia, Ash-Shabaab, telah mengaku bertanggung-jawab atas serangan itu. Kelompok tersebut menyatakan di akun Twitternya, “HSM Kantor Press”, mujahidin “memasuki Westgate Mall hari ini sekitar tengah hari dan masih berada di dalam pertokoan itu”. Mereka memerangi tentara Kenya di dalam kota kecil mereka.