DPRD Sumsel Akan Bahas Raperda Bangunan Khas Daerah

Foto: Sayangi.com/Ardhy

Palembang, Sayangi.com – Ketua Komisi 1 DPRD Sumsel, Yuswar Hidayatullah, mengatakan DPRD Sumatera Selatan kedepan akan membahas Rancangan Peraturan Daerah tentang bangunan yang memiliki ciri khas daerah kearifan lokal di Sumatera Selatan (Sumsel) seperti yang telah diberlakukan di beberapa Provinsi lain di Indonesia.

“Nanti kita akan minta masukan dari masyarakat untuk merealisasikan hal ini. Raperda tentang bangunan itu ada kearifan lokal, seperti di provinsi lain ada sentuhan-sentuhan daerah, dan istilahnya mengenai ciri khas daerah seperti di Lampung ada ciri khasnya termasuk bangunan swasta pun ada simbol itu,” ungkap Yuswar usai menggelar pertemuan dengan pihak tim seleksi calon Komisi Penyiaran Indonesia Daerah.(23/09)..

Dilanjutkan Yuswar, untuk Provinsi Sumsel ini sendiri, apa simbolnya nanti akan dibahas dan diperdakan, termasuk tentang hal-hal lain, syarat-syarat keamanan dan sebagainya.

“Hal tersebut akan dibentuk panitia khusus (Pansus) untuk membahasnya. Sekarang sedang dibahas di Badan Legislasi DPRD Sumsel,” bebernya.

Sementara, pada tahun 2013 ini ada 12 perda yang dibahas dan lebih banyak perubahan terkait nomenklatur Satuan Kerja Pemerintah Daerah, termasuk tentang Rukun Tetangga/Rukun Warga juga ada, papar politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tersebut.

Ia menuturkan, Perda yang dibahas mayoritas masuk dalam Program Legislasi Daerah (Prolegda), ada beberapa belum masuk. Tetapi kalau ada perintah dari undang-undang menugaskan untuk terbentuknya Perda itu tidak ada masalah.

“Menyusun Perda Prolegda sudah mengakomodir aspirasi yang ada dan tidak ada target akan dibahas tahun ini. Artinya, kalau ada tambahan baru mendesak dan penting itu merupakan turunan langsung dari undang-undang atau peraturan pemerintah yang lain,” tandas Yuswar. (VAL).