DKI Akan Beli 20 Kapal Pengangkut Sampah

Foto: jakarta.go.id

Jakarta, Sayangi.com – Kepala Dinas Kebersihan DKI Jakarta, Unu Nurdin, mengungkapkan tahun 2013 ini Pemerintah Daerah (Pemprov) DKI Jakarta akan membeli 20 unit Kapal pengangkut sampah seharga Rp 12 miliar. Hal itu dilakukan mengingat di Ibu Kota masih banyak penumpukan sampah-sampah di Waduk yang menjadi salah satu penyebab tidak maksimalnya penanganan banjir di Ibu Kota.

“Tahun ini, sebanyak 20 unit kapal pengangkut sampah seharga Rp 12 miliar akan dibeli Pemprov DKI Jakarta untuk mengeruk sampah,” kata Kepala Dinas Kebersihan DKI Jakarta, Unu Nurdin, saat dikonfirmasi Sayangi.com, Kamis (26/9).

Kapal sampah tersebut, kata Unu, memiliki kekuatan 10 hingga 15 tenaga kuda. Bukan hanya sampah, alat ini juga digunakan untuk mengangkut tanaman atau eceng gondok yang ada di permukaan kali dan waduk, yang selama ini tanaman tersebut juga membuat fungsi badan air tidak maksimal.

“Dengan kapal ini, diharapkan nanti pembersihan sampah bisa lebih cepat dibandingkan mengangkat secara manual,” ujar Unu.

Lebih lanjut Unu mengungkapkan, Dinas Kebersihan DKI Jakarta juga akan membeli dua kapal besar yang memiliki kekuatan bertenaga 40 daya kuda, dan menyewa tiga kapal lagi untuk mengangkut sampah. (RH)