Foto Chairul Tanjung Tunjuk SBY Rekayasa

Foto: kaskus.co.id

Jakarta, Sayangi.com – Perbincangan hangat di media sosial tentang foto dugaan pengusaha Chairul Tanjung menunjuk Presiden SBY, dipastikan hasil rekayasa. Foto itu hasil rekayasa dan jangan dipercaya, sebut Ketua Forum Akademisi IT (FAIT), Hotland Sitorus kepada sayangi.com di Jakarta (26/9).

Sebelumnya, media social digegerkan dengan beredarnya foto CT yang sedang menunjuk Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Dalam foto yang ramai beredar di Twitter tersebut, disebutkan CT marah kepada SBY, Rabu (25/9).

Saya jamin kalau foto tersebut adalah hasil rekayasa, jadi itu tidak perlu dibesar-besarkan, lanjut Hotland Sitorus. Secara kasat mata pun, dapat dipastikan jika foto tersebut hasil rekaysa. Lihat saja ukuran tangan kiri CT yang digunakan menunjuk SBY tidak proporsional. Demikian juga posisi tangan kiri yang menunjuk ke arah sisi luar kiri, tidak tepat apabila disandingkan dengan posisi badan, terutama arah wajah CT, lanjut Hotland.

Namun demikian, saya telah melakukan *digital image forensic* terhadap foto tersebut, dan hasilnya memang rekayasa. Presisi elemen gambar pada border lengan kiri tidak sama kualitasnya dengan elemen gambar tubuh CT, rekayasa dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak open source gd-jpeg v1.0, imbuh Hotland Sitorus yang juga dikenal sebagai pakar Digital Forensic.

Apabila diperlukan, kami siap memaparkan hasil analisis *digital image forensic* yang sudah kami lakukan. Ini semua demi kenyamanan dan tanggung jawab seluruh pengguna internet di Indonesia, imbuh Hotland.

Untuk itu, Hotland Sitorus menganjurkan agar Bareskrim unit *cyber crime *menindak lanjuti kasus tersebut. Ini melanggar UU No. 11 tahun 2008, tentang ITE.

Pelaku rekayasa foto ini dapat dijerat dengan pasal 35 UU ITE, dengan hukuman pidana penjara paling lama 12 tahun atau denda Rp. 12 miliar, pungkas Sitorus mengakhiri.