Teror Mal Nairobi Kenya Tewaskan 6 Warga Inggris

Foto: The Telegraph

Nairobi, Sayangi.com – Sebanyak 6 warga negara Inggris tewas akibat serangan teroris di pusat perbelanjaan Westgate, Nairobi. Pejabat diplomatik Inggris telah mengatakan bahwa korban ditemukan di balik reruntuhan gedung yang hancur.

Meski telah ditemukan 6 orang tewas, pejabat masih mengatakan ada kemungkinan ada 4 orang warga Inggris lainnya yang masih belum ditemukan.

Korban tewas secara keseluruhan diperkirakan akan meningkat tajam setelah pasukan keamanan menyisir mal dan menemukan mayat-mayat yang terkubur di bawah reruntuhan dimana tiga lantai runtuh selama pengepungan.

Sebuah akun Twitter yang diyakini milik al – Shabaab, tertulis bahwa pelaku serangan itu mengklaim hari ini 137 sandera telah tewas dalam pengepungan. Mereka juga menuduh pasukan Kenya menggunakan senjata kimia untuk mengakhiri pengepungan.

Ahli forensik dari Amerika Serikat, Inggris dan Israel yang membantu pemerintah Kenya dalam penyelidikan serangan yang menimpa mereka. Tim penyelamat memakai masker wajah dan beberapa tentara menggunakan syal di sekitar mulut mereka karena bau yang kuat bekas asap bom dan senjata yang digunakan untuk penyerangan di pusat perbelanjaan kelas atas Nairobi tersebut.

Seorang juru bicara Departemen Luar Negeri mengatakan, Inggris akan melakukan segala kemungkinan untuk mendukung Kenya menyeret pelaku serangan ke pengadilan.

Kementerian Luar Negeri, menegaskan bahwa warga Inggris telah ditahan di ibukota Kenya tapi pihaknya belum bisa mengatakan jika penahanan sedang terkait dengan penembakan mal.

Seorang juru bicara mengatakan, “kami dapat mengkonfirmasi penahanan seorang warga Inggris di Nairobi. Kami juga membuat kontak untuk menawarkan bantuan konsuler standar. Tapi kami belum bisa meyakinkan bahwa ini ada kaitannya dengan penembakan mal,” katanya. (FIT/the telegraph)