Puluhan Kusir Delman Demo di Balai Kota

Foto: sayangi.com/Opak

Jakarta, Sayangi.com – Puluhan kusir delman Betawi yang biasa beroperasi di kawasan wisata Monas menggelar aksi di depan Balai Kota DKI, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat.

Mereka menuntut agar Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) untuk mengesahkan keberadaan delman Betawi di area Monas dengan membuat sebuah surat legalisasi.

“Secara jelas, pak Jokowi sudah pernah menyatakan bahwa keberadaan delman di kawasan Monas itu dilegalkan, asalkan tidak sampai mengganggu,” kata humas aksi Relawan Penggerak Jakarta Baru (RPJB) Roni di Balai Kota, Jakarta Pusat, Kamis.

Menurut Roni, dalam beberapa waktu terakhir, para kusir delman yang biasa beroperasi di area Monas sering kali ditegur oleh pihak Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) terkait keberadaan delman tersebut.

“Akhir-akhir ini, kita sering ditegur oleh Satpol PP. Mereka (Satpol PP) menanyakan surat legal dari pak Gubernur yang mengizinkan kami untuk beroperasi di Monas. Padahal pak Jokowi sudah pernah mengizinkan secara lisan,” ujar Roni.

Dalam aksi yang digelar hari ini, sambung Roni, ada tiga rekomendasi yang ingin disampaikan kepada Jokowi. Pertama, cabut SK Walikota Jakarta Pusat Nomor 011/754 tahun 2007 tentang pelarangan sementara beroperasinya delman di area Monas.

“Kedua, kami meminta agar segera diterbitkan Surat Keputusan (SK) Gubernur yang melegalkan beroperasinya delman di dalam kawasan wisata Monas,” tutur Roni.

Ketiga, lanjut dia, kusir-kusir delman tersebut meminta agar keberadaan delman di Monas dijadikan sebagai perangkat penting bagi kebudayaan Betawi.

Berdasarkan pantauan Antara di lokasi, sampai berita ini diturunkan, sekitar 30 kusir delman masih menggelar aksi di depan Balai Kota DKI. Dalam aksinya, mereka turut membawa andong-andong yang dicat warna-warni.