Ijinkan Dul Diperiksa, Dhani Ditegur KPAI dan Komnas Anak

Foto: Sayangi.com/Chapunk

Jakarta, Sayangi.com – Paska dirawat dua pekan lamanya, kondisi kesehatan Abdul Qodir Jaelani alias Dul yang terlibat kecelakaan maut 8 September silam memang dinyatakan sudah mengalami banyak kemajuan. Namun begitu, secara psikologis Dul dianggap belum memenuhi syarat untuk menjalani pemeriksaan oleh pihak penyidik kepolisian.

Perihal tersebut disampaikan langsung oleh Ahmaad Dhani di kediamannya di bilangan Pinang Mas, Jakarta Selatan pada Kamis siang (26/9) ketika ditunggu awak media terkait informasi kebenaran pembatalan pemeriksaan AQJ yang rencananya akan dilangsungkan hari ini.

“Jadi begini. Saya banyak dapat teguran dari beberapa instansi, bukan dari perorangan maupun lembaga, tapi dari KPAI, dari Komnas Anak, dan Kak Seto sebagai pimpinan komnas anak,” ujar Dhani.

“Intinya saya diingatkan bahwa minimal untuk Dul bisa diperiksa itu harus lihat kondisi fisik. Kebetulan Kak Seto dateng, nonton tayangan yang diambil disini, Kak Seto datang untuk mengingatkan saya minimal pemeriksaan dilakukan jika kondisi fisik sudah baik tapi ternyata belum memenuhi syarat untuk melakukan BAP, kondisinya belum memenuhi syarat ya,” imbuhnya lagi.

Hal senada juga dibenarkan oleh Kak Seto Mulyadi yang siang tadi sengaja datang menjenguk Dul untuk memastikan kejiwaan AQJ. Ia menekankan bahwa hal terpenting sebelum pemeriksaan adalah fisik yang sehat serta mental yang sehat, agar penjelasan yang diberikan benar-benar bersih, jernih dan lurus. Karena kemungkinan besar kondisi yang tidak sehat akan menyulut jawaban yang tidak benar.

“Begitu saya lihat, kok mas Dhani begitu buru-buru mempersilahkan anaknya diperiksa. Kalau fisiknya sudah oke pun, kondisi mentalnya juga harus dipastikan dahulu sudah siap atau belum,” ungkap Kak Seto.

Terkait jadwal pemeriksaan selanjutnya, Dhani menegaskan bahwa pemeriksaan akan dilakukan setelah kondisi Dul sudah benar-benar pulih secara fisik dan psikologis. Bos Republik Cinta manajemen itu juga mengungkapkan bahwa pihak kepolisian tidak mempermasalahkan terkait kapan rencana pemeriksaan selanjutnya.

“Soal Polisi, tergantung saya, kalo bilang oke, polisi akan datang, tapi wktu saya sms Dul belum sehat ya sudah. Selanjutnya menunggu kondisi fisik dul layak 100 persen, kalo sekarang masih 70 persen, kalaupun sudah fisik oke kita lihat kondisi kejiwaannya, apakah dia siap,” terang Dhani.

Ketika dikonfirmasi soal kesehatan Dul yang menurun hari ini, Dhani mengatakan bahwa kondisi Dul memang benar menurun. Dul mengalami demam sejak pagi tadi, namun begitu ia hanya akan dirawat dirumah saja. “Nggak ke rumah sakit, tadi susternya sudah kesini,” pungkas Dhani. (FIT)